Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nia Eka Safitri

Daya Tarik Program MSIB 6 Menjadi Rebutan Dikalangan Mahasiswa

Info Terkini | Tuesday, 02 Apr 2024, 08:48 WIB

Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau yang kerap kali disingkat dengan sebutan MSIB ini merupakan salah satu Program Kampus Merdeka yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menerbitkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada awal tahun 2020. Program magang bersertifikat tidak lain bertujuan untuk mempersiapkan karier yang komprehensif dan terpenting sebagai pengalaman maupun kesempatan mahasiswa untuk belajar lebih dari pembelajaran program studi yang diambil pada Universitas masing-masing

Saya Nia Eka Safitri selaku mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang kerap kali kita sebut dengan Untag merupakan salah satu dari peserta MSIB 6. Program MBKM ini merupakan konversi dari kegiatan magang wajib yang harus di penuhi pada bangku perkuliahan. Pelaksanaan kegiatan ini di dampingi oleh dosen pembimbing internal Untag Ibu Dra. Indah Murti, MSi selaku dosen pembimbing luaran.

Pendaftaran program MSIB memiliki beberapa persyaratan dokumen yang harus di siapkan mahasiswa agar dapat mendaftarkan diri pada program MSIB diantaranya sebagai berikut :

 

  1. Curriculum Vitae
  2. Transkrip Nilai
  3. Foto / Scan KTP
  4. Sertifikat Pengalaman Organisasi (opsional)

Pendaftaran tersebut dibuka untuk seluruh mahasiswa dari segala aspek jurusan yang ada di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, hingga situasi ekonomi maupun sosial sekalipun. Syarat utamanya adalah sebagai mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 dengan minimal semester pada mahasiswa D2/D3/D4 adalah semester 2, sedangkan untuk mahasiswa S1 minimal semester 4. Setelah memenuhi persyaratan tersebut, peserta dapat memilih mitra dengan maksimal 22 mitra untuk di daftar, pendaftaran berlanjut hingga proses seleksi mitra masing-masing. Setelah dinyatakan lolos pada mitra yang dipilih maka mahasiswa memiliki beberapa Kewajiban yang harus dipenuhi dan Hak yang akan diterima oleh masing-masing mahasiswa MSIB. Adapun Hak mahasiswa yang menjadi keuntungan diantaranya yaitu dapat pengakuan konversi mata kuliah hingga 20 SKS dan mendapatkan beasiswa dalam bentuk bantuan biaya hidup perbulan.

Program MSIB sejak angkatan 1 hingga angkatan 6 memiliki kenaikan jumlah mahasiswa yang melamar. Dimulai dari angkatan pertama yang menerima sebanyak 12.837 mahasiswa dari 543 perguruan tinggi dengan jumlah mitra sebanyak 121, sedangkan kini pada MSIB angkatan 6 telah mencapai hingga 45.000 kuota untuk mahasiswa dapat berkontribusi pada program MBKM MSIB.

Program yang dirancangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi, Nadiem Makariem ini menjadi incaran mahasiswa-mahasiswa karena dapat memberikan pengalaman terjun langsung kedunia kerja selama 4 bulan dengan pengalaman yang luar biasa untuk meraih keunggulan kompetitif di dunia kerja yang terus berkembang mengikuti jaman. Maka tidak heran jika kuota peminat program MSIB setiap angkatan terus bertambah. Adapun beberapa alasan program MSIB 6 menjadi incaran Mahasiswa semester 4 keatas antara lain sebagai berikut :

 

  1. Pengalaman bekerja sama dengan mitra terbaik yang sudah diakui oleh dikti untuk dapat menjadi pengalaman kerja di masa depan.
  2. Dapat membangun jaringan atau hubungan baik profesional dengan orang-orang yang berkualitas agar membantu meningkatkan skil pekerjaan di masa depan.
  3. Sebagai pertimbangan karier peserta magang MSIB.
  4. Mendapatkan sertifikat yang diakui, sehingga dapat membantu dan membangun kredibilitas diri dari pesaingan di dunia kerja selanjutnya.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digaungkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi sudah terbukti berdasarkan survei peminat peserta yang dari angkatan ke angkatan selanjutnya selalui meningkat. Salah satunya yaitu program Magang Studi Independent Bersertifikat (MSIB) yang memiliki peminat daya tarik tertinggi dikalangan mahasiswa.

Semangat, semoga kita bisa menjadi salah satu bagian dari program MBKM yaa...

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image