Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Roihan Rikza

Soal Sengketa Pemilu 2024 di MK, Wapres Harapkan Jalan Terbaik

Politik | Tuesday, 02 Apr 2024, 02:19 WIB
Dokumen: KH. Ma'ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia saat buka bersama di kediamannya dengan para jurnalis. Dok: ANTARA

JAKARTA—Sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 belum berakhir. Dinamika persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) terus menjadi topik yang cukup menggelitik pada bulan Ramadhan 1445 H, kali ini.

Namun demikian, KH. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia, tetap berharap agar dinamikan sidang sengketa Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan tidak menjari pemantik perpecahan bagi warga Indonesia.

Hal itu Wapres sampaikan melalui sambutannya di hadapan puluhan jurnalis, pada acara buka puasa bersama wartawan di Istana Wakil Presiden, di Jakarta, Senin (1/4/2024) malam.

“Bahwa adanya dinamika-dinamika seperti sidang MK yang sekarang sedang berjalan, ini kita harapkan berjalan dengan baik sesuai konstitusi, tapi tidak menimbulkan keterbelahan masyarakat,” harap Wapres.

KH. Ma’ruf Amin yang pernah menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Periode 2015-2020, menyampaikan jika melihat kondisi sengketa pemilu di MK saat ini, kondisinya lebih baik dari pada sengketa pemilu di MK pada pemilu sebelumnya.

Menurut Wapres, pada pemilu 2019 lalu gugatan pemilu di MK diwarnai demonstrasi yang cukup mengkhawatirkan.

“Tapi sekarang ini saya melihat panas di dalam persidangan, tapi tidak terjadi gejolak di luar persidangan,” jelasnya.

Wapres menilai hal itu disebabkan adanya pemahaman masyarakat yang lebih baik, yang membiarkan persoalan pemilu diselesaikan melalui aturan yang sesuai konstitusi.

“Ini tentu juga berkat dari pada media, dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ujarnya.

Lebih jauh Wapres menekankan bagi dirinya pribadi, siapapun pemenang pemilu tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah tidak terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan demokrasi.

“Yang penting tidak terjadi ketidaksesuaian dalam arti demokrasi. Itu saja. Dan apabila itu terjadi, kita sudah menyediakan (mempunyai) salurannya dan itu sekarang yang terjadi (di MK). Bahwa di situ terjadi perdebatan-perdebatan ini saya kira bagian dari dinamika politik nasional kita yang menjadi catatan sejarah penting,” jelasnya.

Dia berharap situasi yang kondusif saat ini terus berlangsung sampai akhir masa pemerintahannya bersama Presiden Joko Widodo.

“Saya berharap keadaan ini terus berlangsung sampai akhir masa jabatan saya, dan pak Jokowi bersama,” harap Wapres. [*]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image