Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Peran Lembaga Keuangan Mikro Sebagai Pintu Menuju Kemakmuran

Eduaksi | Monday, 01 Apr 2024, 16:13 WIB
Sumber: pinterest.com

Setiap negara di dunia pastinya memiliki berbagai masalah dalam perekonomian, terutama untuk negara berkembang seperti Indonesia. Salah satu contoh masalah perekonomian yang paling umum adalah kemiskinan. Kemiskinan adalah suatu kondisi dimana seorang individu atau keluarga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok atau dasarnya. Di Indonesia sendiri, Jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 25,9 juta orang, menurut data dari Badan Pusat Statistik.

Terdapat banyak cara dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau setidaknya meminimalisir kemiskinan menurut Bank Dunia yaitu memberikan bantuan sosial dan subsidi, pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan infrastruktur (Putri, 1970). Sedangkan strategi yang dilakukan pemerintah dilakukan dalam 3 program yaitu penyediaan kebutuhan pokok, pengembangan sistem jaminan sosial dan pengembangan budaya usaha. Selain itu, terdapat lembaga keuangan yang bertugas untuk membantu dan mendukung masyarakat kecil yaitu Lembaga Keuangan Mikro.

Lembaga Keuangan Mikro atau LKM merupakan lembaga keuangan yang dirancang secara khusus untuk memberikan dukungan dalam pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat kecil dan menengah (IKNB, n.d.). Fokus utamanya adalah memberikan pinjaman atau pembiayaan untuk usaha skala mikro kepada anggotanya dan masyarakat secara umum, juga mengelola simpanan dan menyediakan layanan konsultasi untuk pengembangan usaha. Keuntungan atau profit bukanlah orientasi dari LKM, melainkan untuk memberikan manfaat sosial dan ekonomi kepada anggota dan komunitas yang dilayani (Suaidah & Arjun, 2023).

Lembaga Keuangan Mikro menyediakan akses kepada layanan keuangan seperti tabungan, kredit, dan transfer uang bagi masyarakat kecil yang tidak memiliki akses ke bank. Bantuan akses ini dapat memudahkan mereka untuk mengembangkan usaha kecil akan akan dirintis, meningkatkan pendapatan dan membangun aset. Dengan adanya layanan tabungan, dapat membantu masyarakat untuk menyimpan uang mereka dengan aman sehingga terhindar dari risiko keuangan.

Dengan meningkatkan pendapatan dan aset, taraf hidup mereka akan meningkat. Hal ini mencankup peningkatan kualitas makanan, kesehatan, perumahan, juga pendidikan. LKM juga dapat menciptakan lapangan kerja karena mereka memiliki akses kepada layanan keuangan, mereka dapat mengembangkan usaha kecil mereka, maka hal inilah lapangan kerja dapat tercipta. Lembaga ini juga memberikan dukungan penuh kepada masyarakat dengan meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan menyediakan edukasi dan sumber daya yang diperlukan untuk membuat keputusan finansial yang lebih cermat dan bijak, serta dapat mengelola risiko keuangan dengan baik.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga dapat meningkat akibat dampak dari peningkatan pendapatan dan lapangan kerja yang semakin luas, maka dari itu LKM turut serta membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal maupun nasional. LKM juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa layanan keuangan mereka dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat tanpa adanya diskriminasi. Lembaga Keuangan Mikro memang bukanlah satu-satunya solusi untuk pengentasan kemiskinan, Meskipun demikian, LKM memerankan peran yang sangat penting dalam memerangi kemiskinan.

Penulis berharap semoga akan semakin banyak lembaga keuangan yang dapat diandalkan oleh masyarakat kecil, yang mematuhi regulasi dan standar yang berlaku, dan amanah untuk membangun masa depan yang lebih maju dan membuka pintu menuju kemakmuran karena lembaga keuangan yang kuat akan berdampak positif pada pengembangan usaha mikro kecil dan menangah diseluruh pelosok (I, 2013).

DAFTAR REFRENSI

IKNB. (n.d.). https://ojk.go.id/id/kanal/iknb/pages/lembaga-keuangan-micro.aspx

I, G. K. B. (2013). Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia. Buletin Studi Ekonomi, 18(2), 115–125.

Putri, A. R. A. A. M. H. (1970, January 1). Bank Dunia Bagikan 3 Solusi Atasi Kemiskinan untuk Jokowi. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230512135556-4-436891/bank-dunia-bagikan-3-solusi-atasi-kemiskinan-untuk-jokowi

Suaidah, S., & Arjun, D. (2023). Urgensi Dan Peran Lembaga Keuangan Mikro Dalam Pengentasan Kemiskinan Dan Pengembangan Ekonomi Umat. Reinforce: Journal of Sharia Management, 2(1), 75–83.

[Mahasiswa Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image