Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Retno Siwi H

Utusan MTsN 1 Bantul Ikuti Pendampingan Audit Syariah

Lainnnya | Thursday, 28 Mar 2024, 22:22 WIB

Bantul (MTsN 1 Bantul) Sunaryadi utusan MTsN 1 Bantul menghadiri undangan dari Kantor Kemenag Kabupaten Bantul, Nomor : B-1813 /Kk.12.2/6/BA.01/03/2024 Tanggal : 22 Maret 2024 di Warung Sindon Guwosari, Pajangan, Bantul untuk mengikuti kegiatan Pendampingan Audit Syariah dan Akreditasi Lembaga Pengelola Zakat Tahun 2024. Hadir dalam acara tersebut 4 utusan UPZ Madrasah Aliyah Negeri, 9 utusan UPZ Madrasah Tsanawiyah Negeri se Kabupaten Bantul dan 6 utusan UPZ Kantor Kemenag Kabupaten Bantul.

Nur Azis Wakil Ketua III Baznas Bantul menyampaikan tiga prinsip keamanan pengelolaan ZIS meliputi Aman Syar’I, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. Secara detil beliau menjelaskan :

1. Aman Syar’i artinya pengelolaan ZIS & Dana Sosial Keagamaan Lain (DSKL) yang dilaksanakan harus selaras dengan koridor hukum syar'i, tidak boleh bertentangan dengan sumber hukum Islam, Al-Quran dan Sunnah.

2. Aman Regulasi artinya bahwa pengelolaan ZIS DSKL harus memperhatikan rambu-rambu peraturan hukum dan perundangan.

3. Aman NKRI artinya pengelolaan ZIS DSKL harus mempererat persaudaraan anak bangsa, menjauhkan diri dari berbagai aktivitas yang menimbulkan permusuhan dan perpecahan, demi menunjang tegaknya NKRI.

Melanjutkan materinya Nur Azis mengemukakan bahwa Kementerian Agama melakukan audit Syariah terhadap Laporan Pelaksanaan Pengelolaan Zakat, Infak, Sedekah dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya dari BAZNAZ, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan Lembaga Amil Zakat -> Pasal 75 ayat (2) PP 14 Tahun 2014. ” Tujuan Audit Syariah adalah menjaga agar pelaksanaan pengelolaan ZIS sesuai ketentuan syariah, mencegah penyimpangan /pelanggaran syariah dan meningkatkan kepercayaan” demikian Nur Azis Wakil Ketua III Baznas Bantul memaparkan materi tentang Pendampingan Audit Syariah UPZ Baznas Bantul.

Sugiyono Kepala MTsN 1 Bantul berterimakasih kepada Sunaryadi yang telah menghadiri kegiatan Pendampingan Audit Syariah UPZ Baznas Bantul dan melaporkan hasilnya. (ret)

foto kegiatan pendampingan audit syariah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image