Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fika Putri Prastikadewi

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 1 Godean

Eduaksi | Wednesday, 27 Mar 2024, 08:50 WIB

Kurikulum Merdeka memberikan nuansa baru dalam dunia pendidikan, salah satunya yaitu dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sering disebut denga P5. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah proyek pengembangan karakter pelajar untuk dapat hidup dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang mengamati dan mencari solusi mengenai masalah-masalah yang ada di sekitar. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pendekatan pembelajaran berbasi Projek Base Learning yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

Dalam kegiatan proyek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu-isu penting sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar kebutuhannya. Proyek penguatan ini dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitar.

Kementrian dinas pendidikan dan kebudayaan telah menetapkan 7 tema utama pada Projek Profil Pelajar Pancasila diantaranya : gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, bhineka Tunggal ika, bangunlah jiwa dan raganya, suara demokrasi, berekayasa dan berteknologi, kewirausahaan. Pada kelas X semester genap tahun ajaran 2023/2024 SMA Negeri 1 Godean mengusung tema Bhineka Tunggal Ika dengan kegiatan berupa pembuatan video atau karya tulis. Topik yang dibahas yaitu mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan. Kegiatan ini dirancang bertujuan untuk menumbuhkan rasa hormat terhadap keanekaragaman budaya serta peserta didik mampu menganalisis secara kritis informasi keberagaman budaya, memiliki kepedulian dan akhlak yang baik dalam keberagaman.

Kegiatan p5 untuk kelas X dimulai dari tanggal 18 Maret 2023 sampai dengan 28 Maret 2023. Diawali dengan kegiatan talkshow pencegahan dan penangana tindakan kekerasan di sekolah. Bapak Ari Prasetyo, S.Psi sebagai narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Harapan dengan adanya program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini mampu menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Selain itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) juga diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang memiliki sifat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai – nilai pancasila. Dalam mencapai tujuan P5 ini satuan pendidikan dapat mengikutsertakan masyarakat, komunitas, lembaga pendidikan, dan/atau dunia kerja untuk ikut merancang dan melaksanakan program P5 sehingga para peserta didik dapat terjun langsung untuk mempelajari isu-isu dan memberikan solusi dari isu tersebut.

Pada akhir kegiatan para peserta didik menampilkan sebuah karya yang merupakan hasil dari kegiatan P5. Para siswa pun sangat antusias dalam kegiatan P5 tersebut, kegiatan demi kegiatan dilakukan para siswa

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image