Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hery Setyawan

Menulis Resensi Itu Asik

Guru Menulis | Wednesday, 27 Mar 2024, 05:27 WIB

Dunia penulisan memang tidak pernah habis untuk selalu dipelajari selain banyak hal yang bis akita tuliskan. Ternyata banyak juga hal yang mengasyikan ketika kita coba dalami. Siapa diantara kita yang belum pernah menuliskan sesuatu, pasti semua pernah walaupun hanya sekedar tulisan di media sosial. Mari kita coba bersama-sama untuk menulis resensi dari sebuah buku, bagi penulis sebenarnya lebih senang menggunakan istilah ulas buku.

Ilustrasi cover buku (dokumen pribadi)

Bagi penulis mencoba memberanikan diri untuk menulis resensi dari sebuah buku membuat kita merasa tertantang. Hal itu disebabkan karena kita harus terlebih dahulu membaca buku yang akan kita buat resensinya. Untuk memperoleh informasi yang lengkap dari sebuah buku tentunya kita tidak boleh membaca yang asal. Tetapi membacanya harus tuntas agar kita mendapatkan informasi dengan lengkap.

Menulis sebuah resensi buku bukanlah sebuah keterampilan khusus. Bahkan ketika belajar mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah ada tugas dari guru kita untuk meresensi buku. Artinya siapa saja bisa melakukannya tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Seperti yang kita ketahui bahwa menulis resensi juga dibutuhkan oleh siapa saja untuk melatih diri kita dalam memahami berbagai persoalan.

Kita perlu ingat walaupun menulis resensi ini dapat dilakukan oleh siapapun tetapi menulis resensi berbeda dengan menulis berita atau sekedar menulis di media sosial. Karena setiap tulisan resensi mengandung evaluasi atau penilaian terhadap buku yang akan kita ulas atau bahas. Dapat dikatakan tulisan resensi yang baik itu lebih dari sekedar tulisan tentang buku biasa.

Penulis sendiri sudah pernah mencoba membuat resensi beberapa buku karya dari teman penulis lainnya. Ada banyak manfaat yang bis akita peroleh diantaranya kita mendapatkan pelajaran dari buku yang kita baca. Apalagi menulis resensi dapat memaksa kita berpikir lebih mendalam. Selain itu menulis resensi akan melatih kita untuk bisa menganalisis apa yang kita baca, dan pastinya dapat mempertimbangkan kebenaran dari informasi yang kita peroleh.

Menulis resensi juga melatih kita untuk berpendapat karena kita diminta untuk memberikan penilaian terhadap buku yang sudah kita baca dan akan kita resensi. Dan yang terpenting menulis resensi juga akan mengasah kita untuk memiliki mental yang kritis ketimbang reaktif.

Walaupun menulis resensi dapat dilakukan oleh siapapun tetapi kita tetap harus belajar bagaimana membuat tulisan resensi ini agar tetap sesuai dengan kaidah penulisan yang tepat. Dan yang terpenting adalah kita harus membaca bukunya terlebih dahulu setelah itu kita bisa meresensi buku tersebut.

Hery Setyawan Guru SMPN 42 Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image