Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indonesiapos

Memahami Potensi Media Sosial: Strategi Bisnis yang Lebih Bermakna

Info Terkini | Tuesday, 26 Mar 2024, 22:14 WIB
Dok.Pribadi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online yakni Ngobrol Bareng Legislator dengan mengusung tema: “ Kuasai Strategi Bisnis Di Sosial Media ”. Dalam seminar Ngobrol Bareng Legislator ini, terdapat empat narasumber yang berkompeten pada bidangnya, yaitu Bapak Krisantus Kurniawan, S.IP., M.Si. yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI. Narasumber kedua yakni Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI serta mengundang Prof. Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Com ( Staff Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa ) dan Dr. Syaiful, S.Pd., M.Pd.i (Kaprodi Bimbingan Konseling Islam Universitas Al-Azhar Indonesia). Seminar diselenggarakan pada hari Kamis, 25 Maret 2024 melalui platform zoom meeting.

Seminar Ngobrol Bareng Legislator ini merupakan acara yang diinisiasi dan didukung oleh Kementerian Kominfo, yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan memiliki beberapa tujuan, diantaranya yakni untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan bisnis, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA, serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya. Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.

Sesi pemaparan diawali oleh pengantar serta pembukaan yang disampaikan oleh Bapak Krisantus Kurniawan, S.IP., M.Si. Dalam paparan pertamanya beliau menjelaskan media sosial telah menjadi salah satu alat paling efektif dalam memasarkan bisnis di era digital. Peran media sosial tidak lagi terbatas hanya sebagai tempat untuk berinteraksi secara pribadi, tetapi telah menjadi fondasi yang vital dalam strategi pemasaran dan pengembangan bisnis. Dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari, platform-platform ini bukan hanya menjadi alat untuk memperluas jangkauan bisnis, tetapi juga sarana untuk membangun hubungan yang lebih dekat dan personal dengan konsumen. Melalui interaksi, komunikasi, dan pertukaran informasi yang terjadi di media sosial, bisnis dapat memperkuat hubungan dengan konsumen, meningkatkan loyalitas, dan menciptakan pengalaman yang lebih bermakna. Oleh karena itu, penggunaan media sosial dengan strategi yang baik dapat memberikan manfaat besar bagi pertumbuhan dan kesuksesan bisnis di Indonesia.

Selanjutnya adalah sambutan oleh Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa, transformasi digital di Indonesia, yang kini menjadi nyata dan menjadi manifestasi dari tekad bangsa ini dalam mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam menghadapi dinamika ini, maka dibutuhkan kerjasama yang cepat dan sinergi menjadi kunci untuk tetap terwujudnya agenda transformasi digital di Indonesia. Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. mendorong kita semua untuk melihat media sosial sebagai alat yang dapat menghubungkan dan memperkaya interaksi sosial dan memanfaatkan potensi positifnya dalam membangun masyarakat. Dengan begitu, kita bisa bersinergi mewujudkan cita-cita masyarakat Indonesia dan menjadi pemimpin dalam memanfaatkan teknologi digital untuk kesejahteraan bersama.

Pemaparan yang ketiga disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Com. (Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa / Pakar Kehumasan / Guru Besar UNS). Beliau menjelaskan menjadi pembisnis yang sukses bukanlah orang yang ber IQ tinggi tetapi faktor keingintahuan kita terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.

Terakhir, pemaparan dari Bapak Dr. Syaiful, S.Pd., M.Pd.I (Kaprodi Bimbingan Konseling Islam Universitas Al-Azhar Indonesia) yang memaparkan betapa pentingnya untuk terus memantau dan mengevaluasi kinerja strategi media sosial guna mengoptimalkan hasil serta meningkatkan keterlibatan audiens. Selalu berinovasi dalam konten media sosial dan berinteraksi secara aktif dengan komunitas online. Langkah strategis ini akan membantu memperkuat brand dan meningkatkan konversi melalui media sosial.

Seluruh peserta terlihat begitu kondusif dan juga aktif dalam menyimak materi yang di paparkan oleh para narasumber, Setelah pemaparan materi dari keempat narasumber, moderator mamfasilitasi untuk sesi tanya jawab. Begitu banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta kepada para narasumber. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan para narasumber dan dilanjutkan dengan sesi penutupan oleh MC.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image