Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Mengapa Milenial Merupakan Generasi Paling Kesepian?

Gaya Hidup | Saturday, 23 Mar 2024, 08:49 WIB
Sumber gambar: New York Post

Penggunaan teknologi menimbulkan pro dan kontra. Inilah tip untuk mengurangi rasa kesepian.

Poin-Poin Penting

· Penelitian baru menunjukkan generasi Milenial dan Gen Z lebih menunjukkan kesepian dan keterasingan dibandingkan generasi lainnya.

· Kita bisa saja “terhubung” secara teknologi dan terputus secara sosial secara bersamaan.

· Pertemuan tatap muka dapat membantu melawan kesepian.

Penelitian terbaru menunjukkan empat dari 10 orang merasa kesepian setidaknya satu atau dua hari dalam seminggu, dan generasi muda (Milenial dan Gen Z) menunjukkan tanda-tanda keterasingan dan keterputusan yang ekstrem dibandingkan generasi lainnya. Bahkan orang lanjut usia, yang sering distereotipkan sebagai orang yang terisolasi dan tidak punya banyak orang untuk diajak bicara dan secara obyektif telah kehilangan banyak anggota keluarga dan teman yang telah meninggal, melaporkan lebih sedikit rasa kesepian dibandingkan generasi Milenial. Mengapa generasi milenial dilaporkan paling kesepian, dan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Tiga puluh persen orang berusia antara 23 dan 38 tahun mengatakan mereka sering atau selalu "merasa kesepian". “Tetapi tunggu,” Anda mungkin berkata. Bukankah mereka terhubung melalui teknologi, platform media sosial, dan berbagai aplikasi?” Ya, tetapi salah satu tantangan dari penggunaan ponsel pintar dan aplikasi yang luas saat ini adalah kita dilatih untuk menatap layar dibandingkan bertemu dan melakukan percakapan tatap muka dengan orang lain.

Para peneliti telah menemukan bukti bahwa kita mendapat imbalan dopamin setiap kali kita menerima pemberitahuan, dan hal ini dapat membuat ketagihan seiring berjalannya waktu. Namun, pada saat yang sama, orang-orang yang menghabiskan lebih dari delapan jam waktu menatap layar per hari cenderung melaporkan masalah lain: depresi, kecemasan, dismorfia tubuh, dan tantangan serius lainnya terhadap kesejahteraan mereka.

Selain itu, apa yang kita lihat dan dengar di ponsel seringkali tidak nyata secara teknis: opini yang tidak berdasar, teori konspirasi yang disajikan sebagai “fakta” dan “berita”, kebohongan yang dirancang untuk memicu keluhan dan kemarahan, serta pesan teks yang tidak dilarang (tidak pernah membalas pesan dari nomor tak dikenal yang dimulai dengan “Hai, apa kabar?” atau “Bagaimana kabarmu akhir-akhir ini?”).

Contoh lain dari kurangnya keaslian dapat ditemukan di profil kencan. Pengalaman yang dilaporkan dengan aplikasi kencan hampir tidak masuk akal, di mana profil menampilkan gambaran nyata berusia 10-20 tahun atau gambar yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) yang sangat jauh dari kenyataan sehingga jika seseorang bertemu dengan orang tersebut, mereka tidak dapat dikenali. Kemungkinan terjadinya perjumpaan autentik dengan seseorang dapat sangat terhambat jika “fakta”, informasi, dan identitas orang yang berkomunikasi dengan kita adalah karya fiksi. Selain itu, setiap orang memiliki tujuan yang sangat berbeda dalam bertemu seseorang (misalnya, kencan pertama versus kencan). Beberapa skenario yang dijelaskan oleh rekan-rekan dan klien terdengar seperti umpan untuk drama komedi Saturday Night Live.

Pertemuan pikiran biasanya terjadi melalui pertemuan keagamaan atau berjamaah dan sekolah, tetapi apa yang harus dilakukan jika Anda tidak berada di sekolah atau bertemu orang baru melalui gereja, masjid, kuil, dll.? Solusi yang mungkin dilakukan adalah dengan menciptakan ruang dan lokasi di mana seseorang (dan bukan hanya kaum Milenial) dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Salah satu kemungkinannya adalah melalui olahraga rutin di luar rumah. Pergi ke komunitas kaum muda atau gym untuk mengikuti kelas Zumba, yoga, meditasi, atau bersepeda memberikan kesempatan untuk menikmati aktivitas fisik, bertemu peserta rutin, dan melakukan percakapan singkat dengan mereka sebelum dan sesudah sesi.

Selain efek fisik positif yang jelas dari latihan ini, mengejutkan juga betapa bermanfaatnya percakapan singkat dengan seseorang yang mungkin baru Anda temui atau telah menjadi anggota di lokasi Anda selama 10-15 tahun dan Anda belum pernah bertukar nama sebelumnya. Peningkatan suasana hati terlihat jelas dan secara sinergis dapat menghasilkan latihan yang lebih baik karena peningkatan energi dan motivasi yang tersedia. Percakapan ini tidak perlu melampaui ruang olahraga tetapi kadang-kadang bisa mengarah pada minum kopi, makan bersama, dan bahkan pertemanan.

Kesimpulannya, menghabiskan lebih sedikit waktu di telepon dan lebih banyak waktu berjalan-jalan di lingkungan sekitar, di taman, atau pergi lebih awal dan begadang di gym dapat memberikan keajaiban bagi suasana hati dan rasa keterhubungan seseorang dengan orang lain karena Anda benar-benar melihatnya, tatap muka, secara real-time. Selain itu, dengan cara ini, Anda akan mengetahui seperti apa rupa seseorang sebenarnya.

***

Solo, Sabtu, 23 Maret 2024. 8:38 am

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image