Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jaja Jamaludin

Kecerdasan Buatan dan Sains Data

Eduaksi | Saturday, 23 Mar 2024, 06:02 WIB

Kecerdasan Buatan (AI) dan Sains Data adalah dua disiplin yang terkait dengan pengolahan dan analisis data. AI adalah cabang ilmu yang bertujuan menciptakan komputer atau entitas buatan yang mampu melakukan tugas yang memerlukan kecerdasan manusia, seperti pemahaman bahasa, pengenalan gambar, dan pengambilan keputusan. Sains Data, atau Data Science, adalah disiplin yang berfokus pada ekstraksi wawasan dari data untuk membuat keputusan yang didukung oleh bukti.

Kecerdasan Buatan dan Sains Data berkesamaan dalam penggunaan data untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya seperti pembelajaran, pengenalan pola, dan ekspresi yang mirip manusia. Kecerdasan Buatan adalah kumpulan algoritma kompleks yang "belajar" seiring berjalannya waktu, menjadi lebih baik dalam memecahkan masalah dari waktu ke waktu. Sains Data menggunakan metode analisis data, statistik, dan Machine Learning untuk menggali makna dari data.

Keduanya juga menggunakan algoritma dan teknik untuk menganalisis dan memanfaatkan volume data yang besar. Kecerdasan Buatan dan Sains Data mencakup aplikasi prediktif, pemrosesan bahasa alami, pengenalan pola, dan masih banyak lagi. Keduanya bergantung pada komponen yang kompleks, dibuat sebelumnya, dan diproduksi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image