Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Danu Pratama

5 Makanan Khas Jawa Timur Yang Wajib Anda Coba Jika Berpergian Kesana

Kuliner | Friday, 22 Mar 2024, 10:18 WIB

Masakan tradisional Jawa Timur cukup beragam. Budaya daerah yang beragam juga berdampak pada cita rasa setiap hidangan khas. Hidangan tradisional Jawa Timur biasanya memiliki cita rasa gurih dan pedas.

Jika Anda pernah berada di Jawa Timur, jangan lupa untuk mencoba beberapa hidangan lokal. Sebagai referensi, Merdeka.com menyajikan daftar masakan tradisional Jawa Timur yang paling disukai. Selesaikan ulasannya.

1. Nasi Krawu

Di daerah Gresik Jawa Timur, ada nasi krawu yang merupakan hidangan yang umum. Ciri khasnya adalah nasi yang lebih pulen saat dibungkus daun pisang. Lauk pauknya antara lain usus sapi, daging sapi rebus, irisan daging sapi, sambal terasi, dan serundeng. Pasta cabai yang memiliki rasa pedas yang khas dapat digunakan sebagai pengganti nasi krawu. Jika Anda menyukai makanan pedas, Nasi Krawu wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Gresik.

Masakan Madura adalah tempat asal Nasi Krawu. Pendatang dari Madura menjalankan usaha penjualan beras krawu di Gresik. Rasa nasi krawu yang khas merupakan salah satu makanan khas Gresik. Gresik terkenal akan hal itu.

2. Nasi Rawon

Adalah salah satu masakan Jawa paling awal. Rawon sudah ada sejak masa Kerajaan Mataram pada tahun 901 Masehi. Memiliki kuah hitam pekat yang khas karena dibuat dengan kluwek. Rawon biasanya berisi daging sapi empuk yang telah direbus cukup lama dalam kuah kluwek. Menu ini terdiri dari kerupuk udang, telur asin, dan tauge.

Rawon sebagian besar disajikan sebagai hidangan tradisional, tetapi dengan cepat menjadi favorit para bangsawan dan menjadi sangat populer. Rawon umumnya menggunakan sandung lamur, yaitu daging yang telah dipotong kecil-kecil. Bumbu soto khas Indonesia terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas (Laos), ketumbar, kemiri, serai, kunyit, cabai, kluwek, garam, dan minyak sayur.

3. Kuliner Soto Rujak

Adalah masakan khas Banyuwangi yang dibuat dengan rujak dan kuah kuning. Menggunakan rujak petis yang memiliki cita rasa terasi yang khas, dan kuah kuning yang gurih akan menghasilkan kombinasi rasa yang baru dan nikmat.

Kombinasi makanan seperti ini sebenarnya cukup umum di Jawa Timur. Daerah Madura memiliki rujak bakso selain rujak soto. Pasta madura yang biasanya memiliki rasa asin digunakan dalam rujak di sana.

4. Kuliner Rujak Cingur

Nama "rujak cingur" langsung mengingatkan kita pada provinsi Jawa Timur. Memang, masakan daerah memiliki hubungan yang kuat dengan daerah tersebut. Irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang, pasta, dan mulut sapi rebus menjadi sajian ini.

5. Lontong Kupang

Lontong Kupang mudah diakses di Surabaya, Pasuruan, dan Sidoarjo. Kupang putih, sejenis hewan laut seperti kerang, digunakan sebagai bahan masakan. Kupang Putih rasanya enak jika dimasak dengan berbagai bumbu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image