Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Danu Pratama

Makanan Khas NTT Yang Harus Dicoba

Kuliner | Friday, 22 Mar 2024, 10:24 WIB

Kelezatan makanan khas NTT sudah terkenal. Kunjungan Anda ke Nusa Tenggara Timur tidak akan lengkap jika Anda tidak mencoba masakan lokal. Makanan khas NTT ini merupakan salah satu makanan khas yang sulit ditemukan di tempat lain. Pengunjung ke Nusa Tenggara Timur harus memanfaatkan kesempatan untuk mencoba hidangan ini.

1. Temak jagung.

Jagung catemak biasanya diisi dengan manisan dan dianggap sehat karena bahan-bahannya yang umum. Memang, catemak jagung memiliki rasa yang menyengat dan aromatik meski dikonsumsi sebagai suguhan. Jagung, kacang tanah, dan kacang hijau merupakan jagung catemak, yang terkadang disajikan dengan labu atau sayuran lainnya. Bahan-bahannya dididihkan dalam air yang mengandung gram dan rempah-rempah.

Jika Anda mencari tes, ikan lele jagung harus terlihat dan dimasak seperti kolak karena memiliki saus yang bersahaja setelah dimasak. Biasanya, jagung catemak dimakan sebagai suguhan saat sarapan dan makan siang.

2. Ikan Sayur Belimbing

Cobalah ikan Kuah Belimbing dari NTT jika Anda sedang mencari masakan baru yang enak dan pedas. Kuah belimbing ikan biasanya dibuat dari ikan yang sudah dimasak, mirip dengan sop, namun dengan rasa yang khas dan sedikit potongan buah belimbing.

Bumbu halus seperti kunyit, merica, garam, gula pasir, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, belimbing wuluh, daun bawang, daun jeruk purut, dan serai biasanya digunakan dalam masakan ini. less kick Anda bisa membumbui sesuai selera. Belimbing masih terasa enak dan gurih meskipun profil rasanya tajam. Beragam sayuran ditambahkan selain potongan belimbing. Sebagian besar waktu, selera dapat dimasukkan ke dalam resep.

3. Makanan Tapa Kolo

Jika kata "tapa" dan "kolo" dipisahkan dan diartikan dalam bahasa setempat, maka "tapa" berarti nasi bakar, dan "kolo" berarti nasi yang dimasukkan ke dalam bambu. Tapa Kolo secara umum mengacu pada nasi bakar yang dimasukkan ke dalam bambu. Nasi merah digunakan sebagai pengganti nasi putih yang lebih bergizi. Tentunya dengan berbagai bumbu dan bumbu yang ditambahkan sebelum dimasukkan ke dalam bambu.

4. Sambal Lu'at

Ada banyak makanan khas NTT yang pedas, seperti Sambal Lu'at, yang bisa ditemukan di banyak tempat. Sambal khas ini dibuat dengan sambal nasi, yang merupakan nama salah satu cabai di TT. Daun kemangi, jeruk nipis, dan siba, di antara bahan-bahan lainnya, secara alami menemani cabai. Cara penyajiannya sama seperti sambal biasa: dengan cara dihaluskan atau dihaluskan

5. Rebok

Makanan khas NTT selanjutnya adalah rebok. Rebok dibuat terutama dari tepung beras dan daging kelapa parut. Para tamu biasanya menerima hidangan umum ini sebagai suguhan atau acara tradisional. Selain itu, sebagai kenang-kenangan khas NTT, wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur bisa membeli rebok.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image