Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Kenapa Ibadah Puasa Itu Istimewa?

Agama | Tuesday, 19 Mar 2024, 22:14 WIB
ilustrasi.dokpri.adaptasi.ts.2024

Kenapa Ibadah Puasa itu Istimewa?

Adam as pernah diminta puasa sesampainya di bumi. puasanya diperlukan untuk perbaikan tubuhnya karena terik matahari bumi. jadilah ia berpuasa 3 hari di ayyamil bith, puasa yang menyegarkan tubuhnya. hingga tubuhnya kembali pulih.

Seterusnya puasa tetap menjadi istimewa dari nabi ke nabi. puasa menjadi jembatan batin dari sang hamba kepada Rabbnya. sebab puasa adalah ibadah rahasia. sebagian puasa menjadi tebusan/kafarat. sebaik baik puasa adalah puasa nabi daud, berpuasa selang sehari di luar Ramadhan.

Dengan berpuasa kita akan sampai pada taraf haqqul yakin pada balasan keabadian. karena keindahan berpuasa adalah saat berbuka dan saat bertemu dengan Tuhan Maha Tinggi Allah swt.

Ibadah puasa akan menghilangkan dahaga di padang mahsyar.dan telah disediakan pintu surga khusus bagi yang puasa.

Yang paling inti, berpuasa adalah pekerjaan" Ilahi. terbebas dari makan dan minum. begitupun malaikat.

jadi, puasa sebagai sarana untuk masuk ke alam malakut, sekaligus sebagai bukti keimanan kepada Allah swt (dalam ketaatan dan pengawasanNya).

Tentu dengan beragam level dan pintu untuk mencapai puasa yang khawasul khawas.

Selanjutnya, masing masing kita kita bisa merefleksikan ibadah puasa itu dalam keadaan apapun dan di bulan apapun. sebab puasa mencakup ibadah fisik dan sabar sekaligus sebagai perisai.

Wallahu A'lam *ikatan dai indonesia aceh barat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image