Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Heni Nuraeni

Dakwah Umar bin Khatthab Memberi Pengaruh Besar pada Masyarakat Makkah

Kisah | Wednesday, 13 Mar 2024, 22:20 WIB

oleh : Heni Nuraini

Masuk Islamnya Umar bin Khattab menimbulkan goncangan yang luar biasa di kalangan kafir Quraisy dan membuat mereka semakin terhina, terpojok dan dipermalukan, sementara bagi kaum muslimin, hal ini menambah kemuliaan, kegembiraan dan pengaruh yang besar. Umar masuk Islam dengan semangat yang tinggi membela Islam sebagaimana dulu ia memerangi Islam.Umar bin Khattab tidak mau menyembunyikan keislamannya, dia mendatangi Jamil bin Ma’mar – yang merupakan orang Quraisy yang terkenal paling cepat menyebarkan berita- dan ia memberitahukan bahwa dia telah masuk Islam. Jamil pun berteriak dan berkeliling untuk menyebarkan berita ini dan berkata, ” Wahai seluruh kaum Quraisy, dengarkanlah, Umar bin Khattab telah murtad.”. Umar pun menjawab,” Dia berdusta akan tetapi aku telah berislam dan bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah.“Umar bin Khattab juga mendatangi pamannya Abu Jahal untuk menyampaikan bahwa ia telah masuk Islam. Setelah menyatakan keislamannya Abu Jahal panik dan marah, dia banting pintu di hadapan Umar dan berkata kepadanya,” Semoga Allah menjelekkanmu dan apa yang telah kamu bawa.”Umar bin Khattab tidak rela kaum Muslimin melaksanakan shalat secara sembunyi-sembunyi. Menurutnya, kaum Muslimin harus beribad di Ka’bah, melaksanakan shalat secar terang-terangan dengan disaksikan dan didengarkan orang-orang.

Abdullah bin Mas’ud menyebutkan bahwa,” Sungguh, Islamnya Umar adalah sebuah kejayaan, hijrahnya adalah kemenangan, dan kepemimpinannya adalah kasih sayang. Dahulu kami tidak mungkin untuk shalat di Ka’bah hingga islamnya Umar. Saat dia masuk Islam, dia shalat di Ka’bah dan kami shalat bersamanya, kami senantiasa berjaya semenjak masuk Islamnya Umar bin Khattab.” Pengaruh besar Umar bin Khattab memberikan kekuatan dan keberanian kaum muslimin untuk menjalankan agama Islam, dan bagi kafir Quraisy masuk islamnya Umar menjadikan mereka lemah dan enggan untuk melakukan penyiksaan dan penindasan kepada kaum muslimin.

wallahu'alam

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image