Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image karina aprilita

Ayo Lestarikan Makanan Tradisional Indonesia

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 25 Feb 2024, 19:53 WIB

Ayo Kita Lestarikan Makanan Tradisional

Makanan Tradisional adalah makanan dan hidangan yang diwariskan secara turun-temurun atau telah dikonsumsi secara turun-temurun. Makanan dan hidangan tradisional bersifat tradisional dan memiliki sejarah dalam hidangannya seperti Rendang dari Sumatra Barat, Pempek dari Palembang dan masih banyak lainnya.

Indonesia ini unik karena ada banyak jenis dari berbagai provinsi. Pemakaian rempah membuat masakan Indonesia lebih kaya rasa, semakin kaya suatu tempat semakin beragam jenis makanannya. Hal paling menarik dari kuliner Indonesia karena tiap daerah mempunyai makanan khas masing-masing. Dan makanan tradisional tidak hanya memberikan kenikmatan bagi lidah, tetapi juga mengandung nilai-nilai sosial, sejarah dan lain-lain.

Berbagai penelitian telah menunjukan bahwa makanan tradisional tidak hanya memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, makanan tradisional memiliki dampak positif pada lingkungan dan berkelanjutan.

Seperti hal nya makanan tradisional daging berupa Rendang yang berasal dari Sumatra Barat, makanan ini menggunakan santan dan aneka rempah-rempah khas Indonesia yang sedikit pedas sehingga menambah kelezatannya. Dan makanan berupa olahan ikan dan tepung yang berasal dari Sumatra Selatan khusus nya Palembang, penyajiannya selalu ditemani saus berwarna coklat kehitaman atau biasa disebut cuka, perpaduan tepung dan ikan gurih begitu cocok dicocol cuka yang pedas.

Oleh karena itu, mari kita lestarikan makanan-makanan tradisional indonesia kita yang kaya akan nutrisi dan vitamin, sehingga makanan tradisional kita tak ditelan zaman. Dan salah satu warisan budaya yang berharga, menghadirkan cita rasa dan keunikan tak tertandingi.

Jadi makanan tradisional memiliki segala jenis makanan olahan asli Indonesia, khas daerah setempat mulai dari makanan dan minuman, yang cukup akan kandungan gizi dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Maka dari itu kita tak boleh lupa akan makanan tradisional Indonesia dan harus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia.

Artikel ini merupakan Tugas Kelompok 5 Teks Persuasi Kelas VIII–G SMPN 5 Karawang Barat yang diampu oleh Ibu Puspita Rindaniati, S.pd.
Artikel ini merupakan Tugas Kelompok 5 Teks Persuasi Kelas VIII–G SMPN 5 Karawang Barat yang diampu oleh Ibu Puspita Rindaniati, S.pd.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image