Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Jam Tangan Pintar Bisa Sebabkan Kesalahan dalam Pemantauan Kadar Gula Dara

Gaya Hidup | Thursday, 22 Feb 2024, 14:24 WIB
Kadar gula darah penting diketahui dalam penanganan diabetes. Foto: amilionlives.net via republika.co.id.

JAM tangan pintar dan cincin pintar yang tidak menusuk kulit tidak dapat diandalkan dalam hal melaporkan kadar glukosa darah. Demikian ditegaskan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat [FDA] pada hari Rabu [21/2/2023].

Rilis berita FDA memperingatkan konsumen bahwa jam tangan pintar dan cincin pintar yang tidak menusuk kulit dapat menyebabkan kesalahan dalam penanganan diabetes dan penakaran dosis yang tepat untuk berbagai obat.

Hanya jam tangan pintar dan cincin resmi yang telah menggunakan alat pengukur yang menembus kulit untuk menyediakan pemantauan glukosa secara terus-menerus yang memberikan data pengukuran akurat yang dapat diandalkan. Begitu dinyatakan FDA.

"Jika perawatan medis Anda bergantung pada pengukuran glukosa darah yang akurat, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang perangkat resmi yang sesuai untuk kebutuhan Anda," kata FDA, dikutip kantor berita UPI.

Mengandalkan data yang disediakan oleh jam tangan pintar dan cincin pintar yang tidak resmi dapat menyebabkan penggunaan dosis insulin, sulfonilurea, atau obat lain yang tidak tepat yang notabene dirancang untuk menurunkan glukosa darah dengan cepat. Mengonsumsi terlalu banyak obat dapat menyebabkan kadar glukosa yang sangat rendah pada penderita diabetes, yang dapat menyebabkan kebingungan mental, koma, atau kematian dalam beberapa jam, demikian peringatan FDA.

"Penjual jam tangan pintar dan cincin pintar selama ini mengklaim bahwa perangkat mereka mengukur kadar glukosa darah tanpa mengharuskan orang menusuk jari atau menusuk kulit," kata FDA. "Mereka mengklaim menggunakan teknik non-invasif," tetapi mereka tidak secara langsung menguji kadar glukosa darah.

Puluhan perusahaan memproduksi perangkat yang dijual dengan menggunakan berbagai nama merek, tetapi tidak ada yang tidak menembus kulit, FDA menambahkan.

Konsumen yang menduga bahwa mereka menerima pembacaan yang tidak akurat atau mengalami reaksi yang merugikan akibat informasi yang buruk dari jam tangan pintar atau cincin pintar yang tidak resmi dapat melaporkan masalah tersebut ke FDA dengan mengisi Formulir Pelaporan Sukarela MedWatch secara online.

Menurut FDA, laporan ini membantu mengidentifikasi dan menentukan risiko yang lebih baik terkait penggunaan jam tangan pintar dan cincin yang tidak sesuai.***

Sumber: United Press International

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image