Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image IGBS Darul Marhamah

4 Alasan Memilih Islamic Girls Boarding School (IGBS) Darul Marhamah Bogor

Sekolah | Saturday, 17 Feb 2024, 18:11 WIB
Santriwati Darul Marhamah sedang mengikuti seminar keputrian

Bagi orang tua, memilih lembaga pendidikan yang ideal bagi anaknya tentu sangat penting. Memastikan anak-anak berada di lingkungan sekolah yang kondusif serta mendukung tumbuh-kembangnya adalah keputusan yang perlu diambil setepat-tepatnya. Maka dari itu perlu kecermatan dan mengenal lebih jauh sebelum menentukan lembaga pendidikan yang diinginkan.

Islamic Girls Boarding School (IGBS) Darul Marhamah Bogor sudah lama menjadi salah satu tujuan lembaga pendidikan kepercayaan orang tua. Berdiri dan melaksanakan kegiatan pendidikan sejak tahun 1994, Darul Marhamah tentu saja sudah teruji dan berpengalaman. Banyak alumni-alumninya yang saat ini sudah tersebar dan terjun di masyarakat di berbagai bidang, mulai kesehatan, pendidikan, agama, bisnis, ekonomi, dan sebagainya.

Sampai hari ini lembaga pendidikan yang di dalamnya terdiri dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) terus dipercaya oleh masyarakat menjadi lembaga pendidikan yang secara khusus mendidik para calon ummahat yang memiliki kecerdasan, baik intelektual, emosional, dan spiritual, sekaligus memiliki daya kreatif dan kemandirian, sehingga kelak diharapkan dapat melahirkan generasi-generasi islam terbaik.

Santriwati Darul Marhamah sedang mengikuti kegiatan Tata Busana

Oleh sebab itu, Darul Marhamah layak menjadi referensi dan tujuan para orang tua yang ingin mendapat sekolah atau Boarding School khusus putri dengan berbagai program pendidikan yang cukup kompleks serta sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman yang semakin maju.

Lalu apa saja alasan memilih lembaga pendidikan Islamic Girls Boarding School (IGBS) Darul Marhamah bagi puti-putri kita? Perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Lembaga pendidikan/Boarding School khusus putri.

Sejak didirikan pada tahun 1994 oleh Farida Afif, seorang aktifis penggerak muslimah yang konsen pada perkembangan pendidikan wanita, sampai saat ini Darul Marhamah terus istiqomah pada jalan tersebut. Mengingat, dengan mempersiapkan wanita terbaik dapat melahirkan generasi-generasi yang baik pula. Karena itu kurikum pendidikan di Darul Marhamah didesain sedemikian rupa untuk mencapai hal tersebut.

2. Visi dan Misi Darul Marhamah.

Sebagaimana sedikit disinggung di atas bahwa Darul Marhamah sejak 1994 sangat konsen pada pendidikan wanita. Karena itu Darul Marhamah memiliki visi “Terwujudnya pribadi sholihah, berwawasan Global yang cerdas, kreatif, dan mandiri”. Visi tersebut kemudian dirumuskan dalam sebuah kurikulum yang kemudian diterapkan melalui pembiasaan-pembiasaan serta pembentukan karakter santri dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan asrama.

3. Kurikulum Pendidikan yang Komprehensif

Kurikulum pendidikan yang diterapkan di Darul Marhamah ada tiga komponan, yang pertama adalah pendidikan agama yang dalam hal ini salah satunya diwujudkan melalui berbagai program, mulai dari pembelajaran diniyah serta tahfidz 30 juz. Yang kedua adalah pendidikan akademik yang salah satu programnya adalah lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan yang terakhir sekaligus akan dibahas pada poin keempat.

4. Pendidikan Keputrian.

Pada bagian ini, Darul Marhamah secara khusus memberikan perhatian pada pentingnya pengembangan kemampuan-kemampuan dasar yang umumnya dimiliki perempuan. Karenanya, ada empat hal yang diajarkan, baik secara teori maupun praktis dalam kurikulum keputrian ini. Yaitu: Tata Boga, Tata Busana, Desain Grafis, dan Tata Rias. (Uzi)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image