Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Manfaat Psikologis Musik Nostalgia

Eduaksi | Friday, 16 Feb 2024, 19:21 WIB
Sumber gambar: Yoors

Nostalgia meningkatkan kesejahteraan dan membantu kita mengatasi stres dalam hidup.

Poin-Poin Penting

· Nostalgia adalah kerinduan sentimental terhadap masa lalu.

· Musik adalah sumber nostalgia yang kuat.

· Ketika momen saat ini sedang menegangkan, nostalgia menawarkan kelegaan.

Nostalgia terdiri dari campuran kesenangan yang berasal dari ingatan akan sesuatu yang dijalani (misalnya, masa kanak-kanak, hubungan), dan rasa sakit yang disebabkan oleh hilangnya peristiwa itu selamanya. Mahasiswa lulusan perguruan tinggi cenderung merasakan senang dan sedih. Nostalgia bersifat universal, bersifat bawaan manusia, dan sering dirasakan oleh orang-orang dari segala usia.

Nostalgia sebagian besar merupakan pengalaman emosional positif yang melibatkan refleksi pada kenangan berharga (pernikahan, wisuda, perayaan hari raya, dan liburan). Dan memberikan banyak manfaat psikologis. Mengingat pengalaman yang menyenangkan (misalnya liburan keluarga atau liburan Thanksgiving) dapat memicu emosi asli yang sama yang kita rasakan di masa lalu dan memberikan kesenangan nostalgia. Emosi positif dapat memotivasi orang untuk mencari nostalgia.

Musik dapat membawa pendengarnya ke masa lalu dan tempat-tempat dalam kehidupan mereka, serta emosi yang melekat. Mendengarkan musik yang sering dimainkan pada peristiwa penting dalam hidup (misalnya perayaan keluarga) beberapa tahun yang lalu dapat memicu pengalaman emosional yang sangat nostalgia. Perasaannya bukan pada musiknya, tapi pada apa yang mengingatkan kita. Sebuah lagu dapat membuka segala macam perasaan.

Kenangan nostalgia tidak selalu baik. Mereka yang pernah mengalami trauma berat mungkin terpicu oleh musik nostalgia untuk mengingat kenangan menyakitkan. Misalnya saja dalam film Casablanca, di mana Rick melarang Sam, pianis barnya, memainkan “As Time Goes By” karena perasaan sedih dan kehilangan yang tak tertahankan yang ia ingat melalui lagu tersebut.

Kita cenderung mengingat hal-hal yang terjadi pada kita di masa remaja dan awal masa dewasa kita lebih banyak dibandingkan saat-saat lain dalam hidup kita. Menurut fenomena reminiscence bump, peristiwa yang terjadi pada masa remaja atau awal masa dewasa akan sangat berkesan di kemudian hari.

Musik masa remaja dan awal usia 20-an cenderung melekat pada kita dan membangkitkan kenangan kuat ketika kita mendengarnya lagi. Mendengarkan lagu yang sama berulang kali selama periode ini dapat membuat lagu tersebut bertahan lama. Bagi orang lanjut usia, nostalgia yang ditimbulkan oleh musik dapat menimbulkan rasa awet muda dan perasaan berdaya.

Nostalgia dapat dianggap sebagai alat pengaturan diri yang sering digunakan orang untuk meningkatkan mood ketika merasa sedih. Ketika momen saat ini penuh tekanan, nostalgia memberikan kelegaan. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa selama masa transisi atau tantangan, orang lebih cenderung mengalami nostalgia, sehingga dapat membantu mengatur emosi mereka. Misalnya, selama lockdown akibat COVID, orang-orang bernostalgia dengan menonton film di bioskop atau makan siang bersama teman.

Nostalgia yang ditimbulkan oleh musik berpotensi bertindak sebagai penyangga terhadap stres sehari-hari dan mencegah kesepian serta meningkatkan kesejahteraan. Misalnya, menonton film lama atau mendengarkan musik yang kita sukai di sekolah menengah dapat membantu meningkatkan kemampuan kita menenangkan diri selama masa stres. Sebagai pelarian sementara, nostalgia dapat membawa kita ke masa yang lebih sederhana dengan lebih sedikit kekhawatiran dan kewajiban.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa nostalgia cenderung membuat orang merasa lebih terhubung secara sosial. Mengingat kenangan masa lalu bersama orang-orang terkasih, ini adalah cara untuk mendekatkan mereka, meskipun mereka mungkin berjauhan secara fisik atau mungkin mereka tidak lagi bersama. Misalnya, pasangan yang memiliki lagu khusus (atau lagu dengan lirik bermakna) yang mengingatkan mereka akan momen penting dalam hubungan mereka akan memiliki ikatan yang lebih kuat.

Singkatnya, nostalgia adalah alat ampuh yang membantu individu mengatasi stres dalam hidup. Merenungkan kenangan pribadi yang bermakna dan berharga memainkan peran penting dalam membantu kita mengatasi stres. Saat kita mengalami suasana hati yang negatif, kita sengaja mendengarkan lagu nostalgia untuk mendapatkan manfaat dari kapasitas nostalgia yang meningkatkan suasana hati.

***

Solo, Jumat, 16 Februari 2024. 7:14 pm

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image