Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Chusnatul Jannah

Mencetak Generasi Qur'ani di Lingkungan Sekolag Islami

Sekolah | Wednesday, 14 Feb 2024, 00:52 WIB

Mencetak Generasi Qur’ani di Lingkungan Sekolah Islami

Penulis: Chusnatul Jannah, S,Pd. – Guru Al-Qur’an SD Al Kautsar

Sungguh, Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi manusia. Membacanya mengandung banyak pahala, apalagi jika menghafalnya. “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). Rasulullah ﷺ juga bersabda, “Barangsiapa membaca Al-Quran dan mengamalkan isinya, Allah memakaikan pada kedua orang tuanya di hari kiamat suatu mahkota yang sinarnya lebih bagus dari pada sinar matahari di rumah-rumah di dunia. Maka bagaimana tanggapanmu terhadap orang yang mengamalkan ini?” (H.R. Abu Dawud).

Inilah yang mendorong banyak lembaga pendidikan Islam mengunggulkan program Al-Qur’an sebagai sesuatu yang Istimewa dan berharga bagi peserta didiknya. Kegiatan Al-Qur’an seperti Tahsin dan tahfiz saat ini menjadi magnet dan daya tarik tersendiri bagi keluarga muslim yang menginginkan anak-anaknya terdidik dalam suasana dan lingkungan yang kental dengan nilai-nilai Islam. sungguh, fenomena ini patut kita syukuri. Ini mengindikasikan bahwa semakin banyak muslim yang memiliki kesadaran pentingnya membekali anak-anak dengan pemahaman Islam.

Hal ini pula yang menjadi dasar bagi SD Al Kautsar di kota Pasuruan bekerja sama dengan lembaga dakwah Al-Qur’an yang teruji kualitas dan kredibilitas. Dua tahun bekerja sama dengan UMMI Foundation, SD Al Kautsar berhasil meluluskan 39 siswanya dengan predikat lulusan pertama dan terbaik mendapat sertifikat kelulusan kategori tartil dan tahfiz juz 29 dan 30.

“Allahummarhamna bil qur’an ” kutipan senandung Al-Qur’an mewarnai prosesi wisuda Khotmil Qur’an dan Imtihan ke-1 di SD Al Kautsar pada Selasa, 19 Desember 2023. Satu per satu nama siswa dan siswi peserta Khotmil Qur’an menggema di Gedung Aula Khadijah SD Al Kautsar Kota Pasuruan. Acara ini begitu istimewa karena merupakan kegiatan Khotmil Qur’an perdana dan pertama di SD Al Kautsar. Acara ini terselenggara berkat kerja sama SD Al Kautsar dengan Ummi Foundation, lembaga dakwah yang bergerak dalam melayani peningkatan kualitas Guru Al-Qur'an dan Lembaga Pendidikan.

Khotmil Qur’an dan Imtihan merupakan ungkapan rasa syukur dan pelaporan secara langsung dan benar sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kualitas hasil belajar Al Quran siswa-siswi SD Al Kautsar kepada orang tua. Kegiatan ini diikuti 39 siswa-siswi terpilih yang sudah lulus munaqosyah (ujian) kategori tartil dan tahfidz juz 29 dan 30.

Acara diawali dengan khataman Al-Qur’an. Prosesi Khataman merupakan kegiatan yang mana seluruh peserta membaca surat At Takatsur sampai An Naas, lalu dilanjutkan membaca surat Al Fatihah dan Surat Al Baqarah ayat 1-5 dan diakhiri dengan doa Khotmil Qur’an. Usai prosesi khataman, kegiatan dilanjutkan dengan persembahan senandung hafiz Qur’an yang dinyanyikan oleh Ananda Mukhbita Tsuroyya dari kelas 2 diiringi bersama khatimin dan khatimat. Dalam sesi ini terlihat para guru dan orang tua merasa bangga dan terharu karena terkandung doa terbaik untuk ananda tercinta.

Sambutan ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pasuruan, Bapak M.Fathoni, M.Pd menambah motivasi para guru dan orang tua. Beliau merasa bangga di usia prabalig anak-anak sudah menjadi penghafal Al-Qur’an dan kualitas bacaannya sudah sesuai standar tajwid.

Kepala SD Al Kautsar, Bapak Mustakin S.Pd., S.Pd.I dalam sambutannya, menekankan bahwa pembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu program unggulan sekolah. Motto “Berkarakter islami dan berprestasi” diharapkan mampu terwujud dengan kegiatan positif seperti program tartil dan tahfiz metode UMMI. Beliau juga memaparkan program unggulan lainnya, seperti rumah tahfiz dan segudang prestasi yang diraih siswa dan siswi SD Al Kautsar dalam akademik.

Memasuki acara selanjutnya, Ustazah Mariyatul Kiptiyah, M.Pd, selaku pembawa acara menyerahkan prosesi imtihan kepada Ustaz Samsul hadi, S.Pd.I sebagai pemandu sekaligus manager Trainer dari UMMI Daerah Pasuruan. Sesi tanya jawab terkait kategori tartil dan tahfiz dipilih secara acak oleh pemandu imtihan, orang tua dan tamu undangan. Alhamdulillah setiap peserta yang ditanya mampu menjawab dengan benar, lancar dan percaya diri.

Kemudian di akhir prosesi imtihan, seluruh peserta diberikan waktu untuk menemui orang tua masing-masing untuk memohon doa restu agar menjadi anak yang bertakwa, sukses dan bermanfaat bagi agama. Di momen inilah tangisan para peserta pecah. Para ibu pun terhanyut membiru bersama putra putri mereka. Peserta khotmil menangis di pelukan orang tua masing-masing. Para orang tua menyambut anak tercinta dengan pelukan penuh kasih sayang dan pesan-pesan penyemangat agar ilmu yang didapat bermanfaat bagi masyarakat kelak.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua UMMI Daerah Pasuruan, Ustaz Zaenuri. “Semoga SD Al Kautsar bisa terus bekerja sama dengan UMMI Daerah Pasuruan dalam rangka membangun generasi qur’ani.” Respons positif yang menyala dari Bunda Luluk, orang tua dari Ananda Muhammad Hamzah kelas 6 menambah motivasi bagi seluruh orang tua yang hadir untuk bersama-sama mewujudkan generasi cinta qur’an dan membentuk anak salih dan salehah.

Penyerahan syahadah atau sertifikat kelulusan kepada seluruh peserta menyempurnakan prosesi Khotmil Qur’an dan Imtihan. Demikianlah, acara Khotmil Qur’an dan Imtihan perdana SD Al Kautsar Kota Pasuruan berjalan sukses dan lancar. Semoga tahun depan bisa terus bertambah pesertanya. Semoga ke depan, SD Al Kautsar Kota Pasuruan terus melanjutkan keunggulannya, meningkatkan karakter dan menjadi sekolah teladan dengan karakter islami dan berprestasi di tingkat nasional hingga global.

Foto para khatimat bersama Kepala Sekolah, Pengurus UMMI Daerah Pasuruan, dan Asatiz serta asatizah SD Al Kautsar Kota Pasuruan

Foto para khatimin bersama Kepala Sekolah, Pengurus UMMI Daerah Pasuruan, dan Asatiz serta asatizah SD Al Kautsar Kota Pasuruan.

Foto bersama khatimin, Bapak Kepala Sekolah, seluruh jajaran asatiz dan asatizah serta pengurus UMMI Daerah Pasuruan, Jawa Timur
Foto para khatimat bersama Kepala Sekolah, Pengurus UMMI Daerah Pasuruan, dan Asatiz serta asatizah SD Al Kautsar Kota Pasuruan
Foto para khatimin bersama Kepala Sekolah, Pengurus UMMI Daerah Pasuruan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image