Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rukhan Asrori, S.S.

Inspiratif! Peringatan ISRA MIKRAJ, DAFI Pesantren Al Quran Science Kedatangan Tamu Luar Negeri

Eduaksi | Sunday, 11 Feb 2024, 08:56 WIB
Sekretaris Dewan Pengasuh dan Pimpinan DAFI Pesantren berfoto Bersama Syaikh Abdurrahman Jabir, Al Hafiz di Masjid Nabawi DAFI (08/02)

Retizen Republika.co.id. DAFI Pesantren Al Quran Science sangat beruntung kedatangan seorang tamu yang spesial dari luar negeri. Panitia penyelenggara adalah OSIDAFI (para santri yang aktif di organisasi OSIS DAFI Pesantren Al Quran Science) dan Kepengasuhan Putra bekerja sama untuk mengadakan kegiatan spesial saat hari Isra Mikraj yang jatuh pada hari Kamis, 08 Februari 2024 atau tanggal 27 Rajab 1445 H di Masjid Nabawi DAFI Anggaswangi pada pukul 20.00 WIB (Ba’da Isya’) sukses diselenggarakan.

Tamu spesial tersebut adalah Syaikh Abdurrahman Jabir, Al Hafiz dari Palestina. Dalam acara yang bertema “Mengenal Lebih Dekat Masjidil Aqsa & Gaza Palestina” ini dapat memeriahkan peringatan Isra Mikraj dengan penuh haru dan bangga sebagai umat muslim. Acara ini juga turut dihadiri oleh Sekretaris Dewan Pengasuh KH. Syaiful Arifin, S.S., M.Pd., Direktur DAFI Pesantren Agus Hariadi, S.Pd.I., Al Hafiz, Kepala Kepengasuhan Putra Sugiarto, S.Pd.I, S.H. dan Manager DQ Agung Puji Utomo, S.Tr.T., M.M. Selain itu, kegiatan ini sangat spesial karena kerja sama antara DAFI Pesantren Al Quran Science, DQ (Dompet Al Quran) Indonesia dan BAZISKAF yang sangat solid dalam penyelenggaraan acara ini. Dan juga dihadiri oleh ratusan santri putra DAFI yang bertemu secara langsung dengan tamu spesial tersebut.

Koordinator Acara Rijal Mujahidin, A.Ma. mengatakan bahwa kajian istimewa ini diselenggarakan untuk memperingati peristiwa Isra Mikraj dengan tema yang diusung Menjelajahi lebih dekat Masjidil Aqsa dan Gaza Palestina ini dapat mendalami kondisi saudara-saudara kita di sana dan merenungkan bagaimana kita dapat bersama-sama membantu mereka. Pada kesempatan berharga ini, kita juga menyaksikan momentum penyerahan donasi yang telah dikumpulkan oleh para santri, sebagai bentuk dukungan untuk Palestina.

Syaikh Abdurrahman Jabir, Al Hafiz tengah menyampaikan materi dalam acara tersebut (08/02)

Beliau juga memaparkan kesuksesan acara ini merupakan bentuk hasil koordinasi dari setiap aspek kegiatannya dengan dukungan aktif dari para santri dari OSIDAFI. Dalam rangka mengoptimalkan acara, DAFI Pesantren Al Quran Science menjalin kerja sama yang erat dengan Dompet Al Quran Indonesia. Kolaborasi ini menjadi tonggak penting dalam memastikan suksesnya acara, dan saya yakin dengan sinergi yang kuat, kita dapat memberikan dampak positif yang berarti.

Acara ini dilaksanakan secara offline dan online dimana pondok putra hadir secara langsung bertatap muka dan pondok putri hadir secara online melalui via zoom meeting. Tak hanya itu, pihak masyarakat umum juga turut hadir secara langsung maupun online yang telah disediakan oleh pihak panitia. Ustadz Rijal juga menambahkan terkait kajian spesial Isra Mi’raj ini adalah Syaikh Abdurrahman Jabir, Al Hafiz dengan penuh keilmuan dan kedalaman wawasan menyampaikan urgensi mengapa sebagai seorang muslim, kita harus membawa rasa peduli yang mendalam terhadap negara Palestina. Dalam penjelasannya yang tajam, Syaikh membahas secara rinci tentang Masjidil Aqsa, menguraikan sejarah dan makna yang terkandung di dalamnya. Lebih jauh lagi, beliau memberikan arahan konkret tentang peran setiap muslim dalam memberikan kontribusi nyata untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina.

Kepala Kepengasuhan Putra, Ustadz Sugiarto menyampaikan kesan dan tanggapannya bahwa materi yang disampaikan oleh Syaikh Abdurrahman Jabir yang merupakan warga Palestina asli membuka wawasan santri tentang kondisi real Palestina saat ini. Selain itu, pemaparan syiekh Abdurahman Jabir juga menumbuhkan kepedulian santri terhadap sesama umat muslim. Acara ini syarat dengan manfaat yang luar biasa, apalagi acara ini dilakukan secara hybrid, offline dan online yang berjalan dengan lancar. Kesuksesan acara ini di dukung penuh oleh para panitia yang gesit dan tanggap dari para santri OSIDAFI.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image