Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dimas Muhammad Erlangga

Nasionalisme Indonesia Setengah Hati Di Hadapan Rezim

Politik | Friday, 09 Feb 2024, 07:40 WIB
Situasi nasionalisme Indonesia yang setengah hati dihadapi oleh beberapa pihak bisa menjadi kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tekanan dari presiden Jokowi. Persepsi terhadap nasionalisme dapat berbeda di kalangan masyarakat.

Sikap lunak yang ditunjukkan tiga partai yang selama ini getol berbicara soal kemandirian ekonomi, yakni PDIP, Nasdem Gerindra, terkait berbagai pernyataan Presiden Jokowi soal Pembangunan , dianggap sebagai bentuk ‘nasionalisme yang setengah hati.

kalau ketiga partai nasionalis itu ingin memperjuangkan kemandirian ekonomi, maka keduanya mesti memberikan garis demarkasi yang jelas dengan model kebijakan ekonomi rezim Jokowi-Ma'ruf Amin.

persoalan objektif yang terjadi sekarang adalah hampir semua kekayaan alam dan aset nasional strategis dikuasai oleh modal asing. Dalam konteks itu, isu nasionalisasi bukanlah hal yang haram dalam rangka memperjuangkan kembalinya kedaulatan ekonomi nasional.

melemahnya posisi partai-partai nasionalis di hadapan kekuatan neoliberal, disebabkan juga oleh kenyataan bahwa partai-partai nasionalis itu juga terpecah-belah. Kekuatan yang seharusnya sekubu, karena platform politiknya sama, justru saling serang dan menjatuhkan. Akhirnya, mereka terjebak pada pilihan pragmatis

Kita mendesak partai-partai nasionalis untuk konsisten dengan program dan platform politik yang selama ini dikampanyekan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image