Cara Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa dengan Tepat

Image
Redaksi Harian
Gaya Hidup | Thursday, 13 Jan 2022, 05:58 WIB

Sudah menjadi hal wajib sebagai aktivis kampus, untuk siap sedia menyediakan dana khusus sebagai biaya mencetak tugas. Salah satunya seperti printout makalah, proposal dan masih banyak lagi. Agar dapat memaksimalkan semua, Kamu wajib mencoba cara mengatur keuangan bagi mahasiswa.

Upaya Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa

Bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik? Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini:

1. Menyisihkan Uang Setiap Hari

Kamu harus mulai mengetahui berapa besar uang saku yang diberikan oleh orang tua, baik setiap minggu atau bulan. Patenkan angka nominal untuk menyisihkannya. Tidak perlu banyak, misalnya Rp.2.000,- sampai Rp.5.000,- perharinya.

2. Membiasakan Hidup Irit

Terkadang, sebagian mahasiswa yang mengetahui temannya berusaha untuk mengirit, malah dikatakan pelit. Namun, hal ini jangan sampai mengurungkan niat Kamu dalam memanajemen keuangan. Sebab, dengan mengurangi jatah jajan maka potensi tabungan akan meningkat.

3. Berfikiran Mandiri

Sebagai seorang Mahasiswa, Kamu harus memiliki pemikiran mandiri. Sebab, untuk menjadi orang sukses hidup tidak bisa hanya mengandalkan pemberian orang tua saja. Jadikan uang sakumu sebagai modal investasi jangkan pendek.

4. Jangan Terbiasa Menimbun Hutang

Akibat terlalu banyak jajan dan membeli sesuatu di luar kebutuhan, pada akhirnya di akhir bulan atau minggu akan mengalami kantong kering. Dengannya, berhutang pada teman menjadi kebiasaan. Padahal, meminjam uang akan semakin memperburuk sistem finansialmu.

5. Menghemat Belanja

Selain cara mengatur keuangan bagi mahasiswa di atas, Kamu juga dapat mencari tahu melalui pembelajaran layanan Portal Uang. Sebagai aktivis kampus, tidak terlepas dari berbagai kebutuhan, baik primer maupun sekunder.

Belanja memang menjadi kebutuhan. Namun, ada baiknya jika Kamu membiasakan diri untuk membeli sesuatu yang penting-penting saja seperti, sabun mandi, shampo, bahan masakan atau lainnya. Hindari mengambil sesuatu hanya karena menuruti gengsi.

6. Membatasi Konsumsi Media

Jika Kamu adalah mahasiswa yang menggunakan data limited access. Pastikan untuk menghemat penggunannya. Jangan sampai jatah membeli kuota dari sebulan satu kali menjadi berlipat ganda akibat terlalu sering mengakses hal kurang penting. Sehingga menjadi indikasi pemborosan.

7. Membuat Buku Keuangan

Hal ini tidak hanya wajib dilakukan pada mahasiswa di jurusan bisnis saja. Melainkan seluruhnya. Sebab, upaya tersebut berguna bagi Kamu untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran. Serta memahami apakah seimbang dengan pemasukan dan lebih berhati-hati dalam memutuskan sesuatu.

8. Membuat List Kebutuhan

Ketika tiba saatnya membeli berbagai kebutuhan, terutama mahasiswa perempuan akan cenderung membeli lebih banyak barang dari rencana awal. Hal ini membuat pengeluaran menjadi tidak terkontrol. Untuk mencegahnya Kamu dapat mulai membuat list kebutuhan.

9. Memetakan Sesuatu yang Lebih Penting

Salah satu faktor yang menyebabkan grafik keuangan mahasiswa tidak stabil ialah karena kurangnya pemetaan. Maka, mulai saat ini Kamu harus menanamkan pada diri sendiri bahwa, “Hidup atas kebutuhan, bukan ego dan keinginan”.

10. Menahan Hasrat Membeli Junk Food atau Jajan Berlebihan

Rasa malas memasak mahasiwa sering kali muncul ketika berbagai tugas melanda dalam waktu yang berdekatan. Sehingga, membuatmu lebih memilih membeli makanan siap saji atau junk food, sekalipun harganya lebih mahal. Namun, tanpa memikirkan dampak kedepannya.

Sebagai upaya lebih lanjut, Kamu dapat melakukan cara mengatur keuangan bagi mahasiswa di atas agar finansial selama kuliah tidak berantakan. Sehingga, segala kebutuhan akademik dan lainnya dapat terstruktur dengan baik dan benar, serta meringankan beban orang tua.

Select an Image

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis dan penelisik berita melalui fakta yang aktual

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

MP4Juice: Situs Download Lagu dan Musik MP3 Selain di MP3Juice

Image

Y2Mate, Download Video Dari Youtube Mudah Dan Gratis Terbaru 2022

Image

GB Whatsapp Pro V19.50 Download Apk Terbaru 2022

Image

Lapas Kayu Agung Kemenkumham Sumsel mengikuti Zoom Obrolan Peneliti (Opini)

Image

MP3 Juice : Solusi Download Lagu Tren Mudah Dan Cepat

Image

Pengembalian Aset Negara Bagi Pelaku Korupsi di Bawah 50 juta Tanpa Dipenjara

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image