Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rifqi Ali

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Sumberbaru melalui Sektor Perikanan

Eduaksi | Thursday, 01 Feb 2024, 12:56 WIB

Desa Sumberbaru merupakan desa yang terletak di kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi. Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani dan buruh tani. Kondisi geografis yang sesuai, mendukung penduduk desa Sumberbaru melakukan berbagai aktivitas pertanian seperti menanam padi dan berbagai macam sayuran. Petakan sawah terbentang sangat luas dengan didukung sumber perairan yang melimpah, sehingga tidak mengherankan bahwa mayoritas masyarakat bekerja sebagai petani dan buruh tani.

Dalam mewujudkan Tridharma perguruan tinggi, Universitas Airlangga melakukan pengabdian masyarakat melalui program KKN BBK-3 (Belajar bersama Komunitas) di berbagai kecamatan Kabupaten Banyuwangi. Desa Sumberbaru kecamatan Singojuruh merupakan salah satu desa tujuan dari program ini, sehingga diharapkan mahasiswa dapat mengambil peran dalam pengembangan desa. Proses pengembangan sebuah desa harus didasari dengan pengetahuan mengenai permasalahan dan potensi yang ada.

Potensi ekonomi yang dapat dikembangkan selain sektor pertanian, yaitu sektor perikanan. Kelimpahan sumber air merupakan salah satu syarat penting dalam budidaya perikanan. Kualitas air yang bersih sangat memungkinkan desa Sumberbaru untuk mengembangkan ekonomi sektor perikanan. Dalam perbincangan dengan perangkat desa, Pak Ujang, selaku sekretaris desa mengatakan bahwa “Sebenarnya Pak Eko selaku kepala desa, menginginkan terbentuknya ekonomi sektor perikanan khususnya di daerah susukan dusun Paeloan”.

Adanya potensi sektor perikanan di desa Sumberbaru, membuat mahasiswa bersemangat untuk membantu memaksimalkan potensi yang ada. Dusun Paeloan atau yang biasa disebut Susukan oleh masyarakat sekitar, direkomendasikan sebagai lokasi awal dalam mewujudkan berdirinya sektor perikanan di desa Sumberbaru. Rekomendasi tersebut didasari karena adanya kelimpahan sumber air, petakan kolam dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai pengalaman dalam bidang perikanan.

Langkah awal yang dilakukan mahasiswa BBK 3 Universitas Airlangga dalam mewujudkan ekonomi sektor perikanan adalah dengan melakukan sosialisasi. Bukan hanya sosialisasi biasa, sosialisasi dihadiri oleh perwakilan Dinas Perikanan provinsi Jawa Timur dan kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Januari 2024. Prosesi sosialisasi diiringi dengan penyampaian materi oleh penyuluh perikanan, Ibu Fatekhah Charisma Putri Saud, Tr. Pi. Dalam penyuluhan ini, dijelaskan mengenai manajemen budidaya ikan nila, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi antara pihak dinas perikanan dengan para pemuda dusun Paeloan. Para pemuda sangat antusias dalam berdiskusi dengan dinas dan para mahasiswa. Output yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah terbentuknya relasi yang lebih erat antara dinas dan pemuda desa Paeloan agar terciptanya sinergi dan memajukan sektor budidaya perikanan di Banyuwangi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image