Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizka Khairunnisa

Kejamnya Narkoba Menggelapkan Satu Desa

Edukasi | Tuesday, 30 Jan 2024, 17:02 WIB

Kami Mahasiswa Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Satya Terra Bhinneka.


Jika manusia tidak memilih narkoba, maka tindak kriminalitas di dunia berkurang. tapi mengapa manusia memilih NARKOBA?! Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan, MENGAPA HARUS NARKOBA!

Seperti yang kita ketahui narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/ bahan berbahaya, narkotika adalah zat atau obat dari tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, menggurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantunggan.

Pada kamis, 25 Januari 2024 Mahasiswa/i Universitas Satya Terra Bhinneka melakukan penelitian terhadap satu desa dimana permasalahan yang paling banyak di desa tersebut adalah remaja ataupun orang dewasa yang menggunakan narkoba, dari pernyataan beberapa warga terkait dampak, remaja yang menggunakan narkoba sehingga terjadinya kemalingan yang meresahkan warga di desa itu. Mengapa tindakan kriminal seperti kemalingan dapat terjadi? Dikarenakan pengguna narkoba disaat tidak memiliki uang untuk membeli narkotika, maka bisa melakukan tindakan kriminalitas seperti mencuri di rumah warga di desa tersebut, seperti yang kita ketahui orang yang memakai narkoba atau kecanduan narkoba memiliki pemikiran yang tidak stabil, serta memiliki tekat yang tinggi terhadap tindak kriminalitas.

Seperti ungkapan salah satu warga pada saat kami wawancarai" di daerah sini banyak yang pakai narkoba, jadi sering terjadi kemalingan, dan yang menggunakan narkoba bukan remaja saja, orang dewasa bahkan orang tua memakai narkoba." Beberapa pengguna narkoba tidak hanya sekedar karena pergaulan, namun juga dilatar belakangi oleh beberapa hal seperti, seseorang yang mengalami broken home dan melampiasakan kepada narkoba, seseorang yang memiliki rasa penasaran terhadap hal tersebut yang akhirnya terjerumus dan menjadi seorang pencandu.

Pengguna yang kecanduan narkoba akan melakukan apa saja untuk membeli narkoba seperti melakukan kasus pencurian. Banyak masyarakat resah dikarenakan di dalam lingkungan nya sering terjadi kasus pencurian, salah satu alasan mereka mencuri yaitu tidak mempunyai biaya untuk membeli narkoba. Narkoba dapat menyebabkan efek serta dampak negatif bagi pemakainya.

Dampaknya Sangat besar bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional. Narkoba memiliki dampak langsung maupun tidak langsung, Dampak langsung penyalahgunaan narkoba dapat berupa gangguan serangan jantung, halusinasi, hilang ingatan, dan dapat terinfeksi penyakit menular yang sangat berbahaya seperti HIV, AIDS, TBC dil. Narkoba yang dipakai berlebihan mengakibatkan overdosis yang berujung pada kematian.

Dampak tidak langsung narkoba adalah uang dan harta benda habis terkuras, sehingga pecandu narkoba akan melakukan tindak kriminal.Jika sebagai sarana kebutuhan medis yang penggunanya secara terukur di bawah kendali ahli medis, baik untuk kepentingan penelitian maupun pertolongan Kesehatan. Jika penggunaan narkoba selalu disalahgunakan maka akan berdampak buruk bagi Masyarakat dan si pengguna narkoba, apalagi bagi para remaja karena target si penyebar narkoba sekarang adalah para remaja, yang di kisaran umur 11 sampai 24 tahun, jika para remaja tergoda oleh narkoba, Bagaimana nasib bangsa ini? Indonesia akan kehilangan generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas.

Maka dari itu kita harus bersama-sama memerangi narkoba dan memberikan edukasi
terkait bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh dan juga mental.

Apakah di tahun 2030 pengguna narkoba bisa turun drastis?


Seharusnya bisa, dengan cara memberikan edukasi sejak dini terhadap anak agar bahayanya penggunaan narkoba tidak lagi awam bagi generasi muda, banyak generasi muda yang tersesat dikarenakan beberapa dari mereka memahami dan mengetahui narkoba dari pergaulan, sehingga mereka tidak mendapatkan edukasi yang baik, serta peran orang tua juga penting dalam hal ini, orang tua dapat memanfaatkan waktu luang si anak dengan mengajaknya melakukan hal yang lebih bermanfaat, hal yang positif sehingga disaat waktu luang si anak tidak terbesit pikirannya untuk mencoba hal negative seperti mencoba narkoba.


Oleh karena itu kita sebagai generasi bangsa harus peduli terhadap masa depan yang akan datang, mari sama sama sabagai generasi muda memajukan bangsa ini dengan anti narkoba, sehingga harapan kita untuk meneruskan generasi yang cerdas dan tangguh di masa depan dapat terealisasikan.

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image