Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Apron IDN

Penerbangan Perintis Tahun 2022 Bandara Rembele - Bandara Sultan Iskandar Muda Mulai Beroperasi

Info Terkini | Wednesday, 12 Jan 2022, 16:12 WIB

Mulai Rabu (12/ 1/2022) kembali beroperasi angkutan udara perintis Tahun Anggaran 2022 untuk rute Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ) di Banda Aceh menuju Bandara Rembele (TXE) di Kabupaten Bener Meriah maupun sebaliknya.

Penerbangan perintis dari TXE ke BTJ dengan Susi Air mulai beroperasi Rabu (12/1/2022) siang. ( Foto : @bandararembele)

Penerbangan perdana Rabu itu menggunakan pesawat Cessna C-208B berkapasitas 12 penumpang milik maskapai Susi Air. Pesawat bernomor penerbangan SI-7230 berangkat dari Bandara SIM pukul 11.00 WIB dan 45 menit kemudian mendarat di Bandara Rembele. Sedangkan dari Bandara Rembele dengan nomor penerbangan SI-7231 kembali ke Bandara SIM sepuluh menit kemudian, yakni pukul 11.55 kWIB. Diperkirakan tiba di Bandara SIM pukul 12.40 WIB.

Rute ini merupakan bagian dari penerbangan perintis dalam Korwil Sinabang. Selain Banda Aceh - Takengon (Bener Meriah) PP setiap Rabu, juga terdapat rute Banda Aceh - Kutacane PP setiap Selasa dan Jumat, lalu rute Banda Aceh - Sinabang PP setiap Senin dan Kamis, serta Banda Aceh - Gayo Lues PP setiap Rabu.

Penyambutan crew Susi Air di Bandara Rembele ( Foto: @bandararembele)

Kepala Bandara Rembele, Faisal, mengemukakan dengan dimulainya penerbangan perintis Rembele -SIM (Sultan Iskandar Muda) maupun sebaliknya, menjadi bukti komitmen Pemerintah Daerah Bener Meriah dan Bandara Rembele dalam mendukung transportasi udara terutama untuk wilayah tengah (Gayo) seiring dengan tingginya permintaan dari masyarakat.

Menurut Kabandara, persyaratan terbang pada saat ini tetap merujuk kepada Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. 96/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi Covid- 2019.

Namun Untuk penerbangan perintis dikecualikan dari persyaratan penerbangan terkait covid-19, artinya cukup dengan menunjukkan tiket dan identitas saja

Maskapai Susi Air inilah yang melayani Bandara Rembele ke Bandara SIM (Foto:@bandararembele)

"Kami berharap agar masyarakat memanfaatkan penerbangan perintis dari Rembele ke Sultan Iskandar Muda, karena terbang itu aman, sehat dan cepat, " ajak Kepala Bandara Rembele lewat akun @bandararembele. Tetap diingatkan penerbangan perintis ini diwajibkan mematuhi protokol kesehatan 3M.

Penerbangan perintis adalah kegiatan angkutan udara niaga dalam negeri yang melayani jaringan dan rute penerbangan untuk menghubungkan daerah terpencil dan tertinggal atau daerah yang belum terlayani oleh moda transportasi lain serta secara komersial belum menguntungkan.

Mulai Senin ( 10/1/2022) lalu penerbangan perdana angkutan udara bersubsidi tahun anggaran 2022 itu berlangsung di berbagai bandara. Masyarakat banyak yang memanfaatkan penerbangan perintis itu karena harga tiket terjangkau. (@apron.idn)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image