Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Kumpulan Ayat dalam Al-Quran Tentang Kehidupan di Alam Kubur

Agama | Monday, 29 Jan 2024, 09:37 WIB
sumber gambar: freepik.com/h9images

Al-Quran merupakan kitab yang membawa petunjuk utama bagi umat Islam, menyentuh berbagai aspek kehidupan, termasuk pemahaman tentang alam kubur dan kehidupan manusia setelah mati. Berikut adalah 5 ayat Al-Quran yang mengingatkan kita akan adanya kehidupan di alam kubur dan kehidupan akhirat setelahnya.

1. Surah Al-Mu’minun ayat 99-100

"(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.”

Ayat ini mengingatkan bahwa ketika seseorang telah datang waktu kematiannya, dia akan berharap untuk kembali ke dunia agar bisa melakukan amal saleh yang lebih banyak. Bahkan yang telah ia tinggalkan selama hidup. Namun, semua itu sudah terlambat, dan hari kiamat telah dijanjikan.

2. Surah Al-Zumar ayat 42

"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir."

Ayat ini menggambarkan bahwa Allah Ta’ala adalah Pencipta yang menentukan kapan kematian setiap manusia datang. Setiap jiwa akan merasakan kematian, dan alam kubur adalah jalan menuju kehidupan akhirat yang abadi.

3. Surah Thaha ayat 133

"Dan mereka berkata: "Mengapa ia tidak membawa bukti kepada kami dari Tuhannya?" Dan apakah belum datang kepada mereka bukti yang nyata dari apa yang tersebut di dalam kitab-kitab yang dahulu?”

Ayat ini menunjukkan bahwa manusia sering kali mengingkari kenyataan kehidupan akhirat, dan Allah Ta’ala mengingatkan kita melalui ayat-ayat-Nya sebagai bukti yang nyata.

4. Surah Az-Zumat ayat 68

“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).

Ayat ini menyiratkan bahwa hari kiamat akan datang tiba-tiba, dan setiap jiwa akan memasuki kehidupan akhirat setelah ditiupnya sangkakala.

5. Surah Ya-Sin ayat 51

"Dan ditiuplah sangkalala, maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka.”

Ayat ini mengingatkan kita bahwa kehidupan ini bersifat sementara. Saat ditiup sangkakala, maka para mayyit akan keluar dari kubur untuk kembali menghadap Allah SWT dan menyaksikan balasan atas perbuatan yang dilakukan di dunia.

Ayat-ayat di atas memberikan gambaran tentang realitas kehidupan akhirat dan mengingatkan kita untuk selalu mempersiapkan diri menghadapinya. Al-Quran adalah petunjuk bagi umat Islam untuk merenungkan hakikat hidup, mengingat kematian, dan bersiap untuk menghadapi alam kubur dan kehidupan setelahnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image