Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Risiko Terkena Kanker Dapat Dikurangi dengan Melakukan Hal-hal Berikut Ini

Gaya Hidup | Friday, 26 Jan 2024, 18:19 WIB
Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang paling umum. Foto: americanoncology.com.

KANKER adalah istilah umum untuk sekelompok besar penyakit yang dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun. Istilah lain yang digunakan adalah tumor ganas dan neoplasma.

Saat ini, diperkirakan terdapat lebih dari 200 jenis kanker. Kita dapat mengelompokkan kanker menurut jenis sel yang menjadi awal mula pertumbuhannya menjadi lima kelompok utama sebagai berikut ini.

1]Karsinoma

Kanker ini dimulai di kulit atau di jaringan yang melapisi atau menutupi organ dalam. Ada beberapa subtipe yang berbeda, termasuk adenokarsinoma, karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan karsinoma sel transisi.

2] Sarkoma

Kanker ini dimulai pada jaringan ikat atau jaringan pendukung seperti tulang, tulang rawan, lemak, otot, atau pembuluh darah.

3] Leukemia

Ini adalah kanker sel darah putih. Kanker ini dimulai pada jaringan yang membuat sel darah seperti sumsum tulang.

4] Limfoma dan mieloma

Kanker ini dimulai dalam sel-sel sistem kekebalan tubuh Buka item glosarium.

5] Kanker otak dan sumsum tulang belakang

Kanker tersebut dikenal sebagai kanker sistem saraf pusat.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia [WHO], kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung hampir 10 juta kematian pada tahun 2020.

Kanker yang paling umum terjadi sejauh ini (dalam hal kasus baru kanker) yaitu payudara (2,26 juta kasus); paru-paru (2,21 juta kasus); usus besar dan rektum (1,93 juta kasus); prostat (1,41 juta kasus); kulit (non-melanoma) (1,20 juta kasus); dan perut (1,09 juta kasus).

Penyebab paling umum dari kematian akibat kanker pada tahun 2020, menurut laporan WHO, adalah paru-paru (1,80 juta kematian); usus besar dan rektum (916.000 kematian); hati (830.000 kematian); perut (769.000 kematian); dan payudara (685.000 kematian).

WHO menyebut, risiko kanker dapat dikurangi dengan melakukan hal-hal berikut.

Pertama, tidak menggunakan tembakau.

Kedua, menjaga berat badan yang sehat.

Ketiga, mengkonsumsi makanan yang sehat, termasuk buah dan sayuran.

Keempat, melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Kelima, menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol.

Keenam, mendapatkan vaksinasi HPV dan hepatitis B jika termasuk dalam kelompok yang direkomendasikan untuk mendapatkan vaksinasi.

Ketujuh, menghindari paparan radiasi ultraviolet dan/atau melakukan tindakan perlindungan terhadap paparan sinar matahari.

Kedelapan, memastikan penggunaan radiasi yang aman dan tepat dalam perawatan kesehatan (untuk tujuan diagnostik dan terapeutik).

Kesembilan, meminimalkan paparan radiasi pengion di tempat kerja dan mengurangi paparan polusi udara luar ruangan dan polusi udara dalam ruangan, termasuk radon (gas radioaktif yang dihasilkan dari peluruhan alami uranium, yang dapat terakumulasi di dalam gedung -- rumah, sekolah, dan tempat kerja.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image