Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image julia

Masa Kepemimpinan Harun al Rasyid VS Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo

Politik | Thursday, 25 Jan 2024, 10:36 WIB
Sumber : Ilustrasi capres 2024 edward cariko

Pada masa kekhalifahan kepemimpinan Harun Al Rasyid dikenal sebagai sesosok pemimpin yang bijaksana, mencintai sunnah dan ulama. Khalifah Harun Al Rasyid memiliki kepribadian shaleh, ahli ibadah, cerdas, penghapal Al –Quran, rajin bersedekah senang melakukan umroh dan haji. Pada masa kepemimpinan Harun Al Rasyid negara menjadi damai dan tentram. Pada saat itu sulit untuk mencari penerima zakat atau sedekah, karena tingkat kemakmuran penduduknya merata. Tentu saja khalifah Harun Al rasyid memiliki sifat yang seharusnya wajib dimiliki sebagai seorang pemimpin yaitu Siddiq yang artinya benar, Amanah dapat dipercaya, Fathonah pandai atau cerdas, dan tabligh yang artinya menyampaikan. Pada masa kepemimpinan Harun Al Rasyid kekalifahaan Abbasiyah mencapai puncak kejayaannya, baik kekayaan negeri, wilayah administratif, hingga perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam kepemimpinan Harun Al rasyid terdapat persamaan dan perbedaaan kepemimpinan calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowodiantara lain yaitu:

1. Anies Baswedan

Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Beliau memiliki sifat baik, disiplin, berwibawa, tidak ingkar janji, cerdas, mengayomi dan memberi pencerahan bagi orang di sekitarnya. Selama masa kepemimpinan nya ia telah meraih segudang prestasi. Ia pemimpin yang cakap dan memimpin secara alami. Anies merupakan sesosok pemimpin yang sangat konsen dengan isu keadilan dan peduli dengan nasib rakyat yang tertindas. Hal ini dapat dilihat dari Kampung susun akuarium, kampung susun bagi korban penggusuran bukit duri, anak cucu veteran sampai 3 generasi gratis PBB, pajak di jakarta, dan masih banyak lagi suksesi yang telah beliau lakukan dan semua berhasil beliau lakukan. Beliau adalah orang yang sangat rendah hati.

2. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto sebelumnya pernah menjabat sebagai menteri pertahanan. Selama masa menjabat sebagai menteri pertahanan beliau telah banyak memiliki segudang prestasi diantaranya membangun 25 RS TNI baru, tampil memukau di forum international, memperkuat industri pertahanan dalam negeri, membentuk satgas air, mendapatkan alutsista terbaik, dan masih banyak lagi. Beliau memiliki karakter berjiwa besar, berani, tegas dan bertanggung jawab. Karena latar belakang beliau di militer sehingga beliau memiliki visi mempertahankan persatuan bangsa.

3. Ganjar pranowo

Ganjar pranowo pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Selama masa menjabat ganjar telah meraih segudang prestasi diantaranya Stunting Jawa Tengah turun drastis, mewujudkan 2.300 desa mandiri energi, rehabilitasi 900 ribu rumah warga miskin, inisiasi pembangunan lebih dari 1 juta, dan masih banyak lagi. Beliau memiliki kepribadian tegas, jujur, berani dan bisa mendengar dan menerima keritik. Di bawah kepemimpinan beliau Jawa tengah telah dinobatkan menjadi provinsi paling integritas versi KPK tahun 2020 dan 2021 serta juara umum anti korupsi KPK 2019 dan 2020.

Calon presiden Indonesia adalah orang – orang hebat yang memiliki segudang prestasi. Diharapkan salah satu yang bakal menjadi presiden mampu memegang amanahnya jika sudah terpilih nanti. Dapat mensejahterakan rakyat dan memakmurkan rakyatnya seperti yang telah dilakukan Khalifah Harun al Rasyid yang telah membawa Abbasiyah mencapai puncak kejayaan.

Penulis

Julia Rahmayani,Yulia Catursari

Dosen pengampu

Rahmad Al Rian, M.Kom

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image