Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khansa KhansaDhia

Resensi Novel 'Sebelas Patriot'

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 21 Jan 2024, 12:42 WIB

JUDUL : SEBELAS PATRIOT

PUNULIS : ANDREA HIRATA

PENERBIT. : PT BENTANG PUSTAKA

TAHUN TERBIT : 2011

JUMLAH HALAMAN : 112 HALAMAN

ISBN. : 978 - 602 - 8811 - 52 - 1

Novel ini sangat bagus dan seru. Novel ini bertentang pengorbanan seorang ayah, novel ini ada motivasi bahwa kita jangan patah nyerah. walaupun kita kalah kita harus berusaha menjadi akan lebih baik, harus selalu percaya diri, jika suatu nanti kita akan tercapai.

mahar adalah peran utama dari julukan sebelas patriot, mahar si bergajul.dia begitu cerewet, selalu banyak tanya, dan Trapani yang begitu pemalu, yang sangat pendiem. berbeda dengan mahar, ya mereka sangat berbeda.

Tema dari cerita sebelas patriot adalah tentang cita cita atau bersejarah belanda dan Indonesia.

Tokoh dari sebelas patriot adalah Trapani, mahar,Rusli, satari,ikal.

Penokohan dari cerita sebelas patriot adalah, ikal adalah seorang laki-laki yang begitu ramah, dia juga suka bermain PSSI. Dia ingin seperti seorang ayah, dia begitu cinta sepakbola, ikal seorang baik hati, penurut, dia juga bekerja keras seperti ayahnya.

Alur dari cerita sebelas patriot maju mundur(campuran) bisa dibilang sangat membingungkan. cerita ini bertentang pengorbanan seorang ayah, yang makna menjadi orang Indonesia, dan kegigihan menggapai mimpi mimpi. Membuktikan bahwa kita bisa melakukan jika kita berusaha.

KELEBIHAN : kelebihan adalah walaupun kita tidak bisa menggapai, tetapi kita udah berusaha untuk menjadi yang baik. Ikal akan terus terus berusaha menjadi yang terbaik, jangan melihat dari sudut pandang orang. kejar terus sampai terwujud, sampai bisa kita emang bisa melakukan hal itu, jangan mengambil keputusan.

LATAR WAKTU/TEMPAT : lapangan

REKOMENDASI : buku cerita ini lebih cocok umur 13 ke atas, karena cerita ini mengandung tentang sejarah atau PSSI. Tetapi jika 13 tahun ini tidak masalah, karena ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua, harus berusaha agar bisa menggapai sampai kita yakin suatu saat nanti kita sukses. jangan lelah untuk mengejar mimpi, didalam buku ini mengajarkan untuk tidak patah menyerah.

Ulasan ini terbuat oleh raisyah ramadhani VII (i) (8i)

SMPN 5 Karawang Barat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image