Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alicia Kristiani

Penampilan Terkenal Menipu

Pendidikan dan Literasi | Friday, 19 Jan 2024, 20:52 WIB

judul buku : hadirmu lumpuhkan ingatanku
penulis :Mifta Resti Khoiriahpenerbit : Rumah OranyeTahun Terbit : 2014Jumlah halaman : 232ISBN : 978-602-1588-52-9
Novel berjudul Hadirmu Lumpuhkan IngatanKu karya Mifta Resti Khoiriah. Membuat saya tertarik membaca karna Judul yang menarik,Dan memiliki konflik yang menarik juga berhubungan/relate dengan yang saya alami.

Kirani adalah tipikal cewe lugu dan tidak pernah menjalin hububgan dengan lelaki manapun karna kecintaannya kepada cinta pertamanya sekaligus teman dekatnya ketika di bangku sekolah (satya) nama yang selalu muncul di ingatan kirani. Meski kirani sedang menjalin hubungan dengan (nando) mahasiswa preman yang menyebalkan dan dicap playboy oleh seluruh mahsiswa dan tidak satupun mahasiswa di kampus berani macam macam dengan nando karna Nando adalah pribadi yang emosional. Kirani sebenarnya hanya terpaksa menjalin hubungan dengan Nando karna kesalahan yang dibuat kirani,Kirani merasa kasihan kepada korban yang sedang di kroyok oleh geng nando yang membuat kirani nekat memisahkan mereka. Nando merasa tidak enak akhirnya kirani dipanggil nando, nando berkata "lo harus pacaran palsu sama gua selama 3 bulan" Meski terpaksa Kirani menerima karna sejujurnya Kirani takut pada Nando. selama 3 bulan itu yang dirasa kirani hanya tidak nyaman karna nando selalu mengancam jika kirani tidak mengikuti apa yang nando mau. Akhirnya kirani membantah dan memutuskan hubungannya dengan Nando .Satya cinta pertama kirani itu kembali,Sekarang ia menjadi penyanyi yang sudah mempunyai lagu tidak disangka lagu yang dibuat satya merupakan puisi lama kirani yang ia bacakan didepan kelas ketika masih dibangku sekolah itu. Kirani dan Satya bertemu kembali dengan mengungkapkan rasa yang mereka rasakan selama ini. Kirani tidak tau ternyata satya sudah memiliki pacar tanpa memberitahunya dahulu ,Tangis kirani pecah tanpa disadarinya Nando melihat kejadian itu. Kirani tidak tau selama ini Nando mencintainya seperti ia mencintai satya.
novel "hadirmu lumpuhkan ingatanku" memiliki alur maju-mundur (campuran) novel ini bergenre romance ringan ada 5 tokoh yang menonjol dalam novel ini antara lain : Kirani mahasiswi lugu,penyayang,perhatian,baik hati.Nando preman kampus,menyebalkan namun memiliki hati yang lembut dan perhatian.Satya teman lama yang sangat perhatian.Oma kirani sangat protect kepada cucu perempuanya itu.Tiara sahabat kirani yang memiliki hati dan sikap yang sangat baik. Latar tempat berada di jogja indonesia. novel "Hadirmu Lumpuhkan Ingatanku" menggunakan sudut pandang orang pertama. Contohnya di halaman 6 penulis menggunakan kalimat "Aku menoleh dan mengangguk ,tanpa suara"Amanat yang dapat diambil dari novel ini adalah kita tidak boleh menilai orang dari luarnya sebelum mengetahui didalamnya.
evaluasinovel "Hadirmu lumpuhkan ingatanku" memiliki kelebihan yaitu memiliki banyak amanat,kata penulisan yang mudah dimengerti,dan tanda baca yang memudahkan pembaca.Namun novel ini juga memiliki kelemahan berupa alurnya yang mudah tertebak.
novel ini sangat amat cocok dibaca oleh remaja berusia 14-17 tahun karna sangat ringan dibaca dan alurnya yang mudah diiingat juga ceritanya yang banyak terjadi di kehidupan remaja

teks ulasan ini dibuat oleh fradea Dazia Dermawan kelas VIII-F SMPN 5 KARAWANG BARAT

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image