Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Apron IDN

Bandara Alas Leuser Layani Penerbangan Perintis Kutacane-Banda Aceh, Tiket Disubsidi Lho...

Info Terkini | Tuesday, 11 Jan 2022, 17:08 WIB

Selasa (11/1/2022), sekira pukul 9.30 WIB sebuah pesawat Cessna Grand Caravan milik maskapai Susi Air mendarat di runway Bandara Alas Leuser yang berada di Jalan Kebun Sere, Lawe Kinga, Kecamatan Semadam, Kutacane di Aceh Tenggara.

Seremonial penyambutan crew Susi Air di Bandara Alas Leuser, Aceh Tenggara ( Foto: Humas Bandara)

Tak seberapa lama dari pendaratan itu, berlangsung seremonial penyambutan crew Susi Air. Turut menyambut antara lain Forkopimda Kabupaten Aceh Tenggara dan jajaran Bandara Alas Leuser.

Seremonial diselenggarakan karena pagi itu merupakan penerbangan perdana subsidi angkutan udara perintis 2022 untuk rute Banda Aceh -Kutacane PP. Selain Selasa, penerbangan rute itu juga dijadwalkan pada Jumat. Jadi, rute Banda Aceh -Kutacane PP diselenggarakan setiap Selasa dan Jumat.

Rute ini merupakan bagian dari penerbangan perintis dalam Korwil Sinabang. Selain Banda Aceh - Kutacane PP, juga terdapat rute Banda Aceh - Sinabang PP setiap Senin dan Kamis, Banda Aceh - Gayo Lues PP setiap Rabu, serta Banda Aceh - Takengon PP juga berlangsung Rabu.

Kasatpel Bandara Alas Leuser, Salim. ( Foto: Humas Bandara)

Sebelumnya Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bandara Alas Leuser, Salim, mengatakan jadwal penerbangan Selasa, dari Banda Aceh tujuan Kutacane pada pukul 08.00 WIB-09.30 WIB. Sepuluh menit kemudian pesawatnya kembali ke Banda Aceh. Untuk penerbangan Jumat, dari Kutacane juga berangkat pada pukul 09.40 WIB.

Menurut Kasatpel, harga tiket penerbangan Kutacane ke Banda Aceh Rp 434.700 karena disubsidi. "Jadi jatuhnya lebih murah," katanya kepada media.

Alam Kutacane terisolir pegunungan sehingga perlu adanya penerbangan perintis. ( Foto: Akun IG Bandara Alas Leuser)

Penerbangan perintis ( angkutan udara perintis bersubsidi) adalah kegiatan angkutan udara niaga dalam negeri yang melayani jaringan dan rute penerbangan untuk menghubungkan daerah terpencil dan tertinggal atau daerah yang belum terlayani oleh moda transportasi lain serta secara komersial belum menguntungkan.

Mulai Senin ( 10/1/2022) penerbangan perdana angkutan udara bersubsidi tahun anggaran 2022 itu berlangsung di berbagai bandara. Masyarakat banyak yang memanfaatkan penerbangan perintis itu karena harga tiket terjangkau. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image