Bandara Alas Leuser Layani Penerbangan Perintis Kutacane-Banda Aceh, Tiket Disubsidi Lho...

Image
Apron IDN
Info Terkini | Tuesday, 11 Jan 2022, 17:08 WIB

Selasa (11/1/2022), sekira pukul 9.30 WIB sebuah pesawat Cessna Grand Caravan milik maskapai Susi Air mendarat di runway Bandara Alas Leuser yang berada di Jalan Kebun Sere, Lawe Kinga, Kecamatan Semadam, Kutacane di Aceh Tenggara.

Seremonial penyambutan crew Susi Air di Bandara Alas Leuser, Aceh Tenggara ( Foto: Humas Bandara)

Tak seberapa lama dari pendaratan itu, berlangsung seremonial penyambutan crew Susi Air. Turut menyambut antara lain Forkopimda Kabupaten Aceh Tenggara dan jajaran Bandara Alas Leuser.

Seremonial diselenggarakan karena pagi itu merupakan penerbangan perdana subsidi angkutan udara perintis 2022 untuk rute Banda Aceh -Kutacane PP. Selain Selasa, penerbangan rute itu juga dijadwalkan pada Jumat. Jadi, rute Banda Aceh -Kutacane PP diselenggarakan setiap Selasa dan Jumat.

Rute ini merupakan bagian dari penerbangan perintis dalam Korwil Sinabang. Selain Banda Aceh - Kutacane PP, juga terdapat rute Banda Aceh - Sinabang PP setiap Senin dan Kamis, Banda Aceh - Gayo Lues PP setiap Rabu, serta Banda Aceh - Takengon PP juga berlangsung Rabu.

Kasatpel Bandara Alas Leuser, Salim. ( Foto: Humas Bandara)

Sebelumnya Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bandara Alas Leuser, Salim, mengatakan jadwal penerbangan Selasa, dari Banda Aceh tujuan Kutacane pada pukul 08.00 WIB-09.30 WIB. Sepuluh menit kemudian pesawatnya kembali ke Banda Aceh. Untuk penerbangan Jumat, dari Kutacane juga berangkat pada pukul 09.40 WIB.

Menurut Kasatpel, harga tiket penerbangan Kutacane ke Banda Aceh Rp 434.700 karena disubsidi. "Jadi jatuhnya lebih murah," katanya kepada media.

Alam Kutacane terisolir pegunungan sehingga perlu adanya penerbangan perintis. ( Foto: Akun IG Bandara Alas Leuser)

Penerbangan perintis ( angkutan udara perintis bersubsidi) adalah kegiatan angkutan udara niaga dalam negeri yang melayani jaringan dan rute penerbangan untuk menghubungkan daerah terpencil dan tertinggal atau daerah yang belum terlayani oleh moda transportasi lain serta secara komersial belum menguntungkan.

Mulai Senin ( 10/1/2022) penerbangan perdana angkutan udara bersubsidi tahun anggaran 2022 itu berlangsung di berbagai bandara. Masyarakat banyak yang memanfaatkan penerbangan perintis itu karena harga tiket terjangkau. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bloger

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image