Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Fatoni

Ya Haj Haj Juz 2

Eduaksi | Tuesday, 16 Jan 2024, 06:47 WIB

Ya Haj Haj (Layali Ibtihaj wa Intihaj) Juz 2. Selama tiga hari dua malam (15-17 Januari 2024), program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang (PBA-UMM) mengadakan kegiatan outbound bagi seluruh angkatan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam (PBA-FAI) Universitas Muhammadiyah Malang. Program tahunan tersebut bertujuan untuk memperkuat keterampilan berbahasa Arab dan karakter para peserta berbasis alam dan lingkungan.

Berbagai lomba dan permainan edukatif dan rekreatif dirancang sedemikian rupa oleh panitia, baik bersifat kelompok maupun individu. Sebagaimana acara Ya Haj Haj Juz Pertama tahun sebelumnya, diadakan lomba antar kelompok berupa yel-yel, drama berbahasa Arab (masrahiyyah), bahasa dalam berkomunikasi, kostum terunik, kerapian tenda, masak terbaik, dan lain sebagainya. Adapun lomba secara individu seperti qira’atusy syi’ir, ghina’ Araby, penampilan terbaik, video vlog, dan aneka aktivitas yang bernuansa kebahasaaraban dan keterampilan.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa PBA-FAI Universitas Muhammadiyah Malang dari kegiatan outbound ini, di antaranya untuk menumbuhkan kemandirian dan keberanian melalui berbagai tantangan yang seru dan pelbagai games yang atraktif. Karena itu, kegiatan Ya Haj Haj kali ini mendapat respons yang begitu antusias dari seluruh peserta. “Belajar di alam terbuka semacam ini sungguh sangat bermanfaat dan menyenangkan. Selama ini kami belajar di ruang kuliah yang terkadang merasa bosan,” ungkap Salman Al-Farisi mahasiswa PBA-FAI Angkatan 2022.

Kegiatan siraman rohani setelah pelaksanaan shalat subuh berjama'ah

Pembelajaran yang dilakukan di outdoor berbasis alam dan lingkungan pastinya memberi suasana yang berbeda. Melibatkan mahasiswa untuk berkegiatan secara fisik dan non-fisik di alam terbuka menjadi salah satu sarana yang cukup efektif sekaligus rekreatif untuk melatih kedisiplinan, membangun kerjasama, mengembangkan sikap kekompakan, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam serta sikap peduli untuk merawat lingkungan agar tetap serasi nan damai.

_______________

Ahmad Fatoni, Dosen Pendidikan Bahasa Arab FAI-UMM

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image