Dakwah di Era New Normal

Image
As Mila
Agama | Tuesday, 11 Jan 2022, 12:00 WIB

Pengaruh proses berdakwah di era new normal ini membawa dampak yang sangat besar bagi masyarakat, dan banyak perubahan yang terjadi dalam aktivitas berdakwah sebagaimana kita ketahui bahwasannya dakwah di masa pandemi ini sangat dibatasi seperti tablik akbar, pengajian.

Dikarenakan untuk memutus penyebaran covid-19 akan tetapi hal demikian tidak menghalangi kita untuk terus berdakwah dikarenakan dakwah di era new normal ini bisa dilakukan dengan banyak cara seperti dengan cara memanfaatkan media sosial yang kita punya bisa dengan seminar oline, atau bisa dengan tulisan yang disebarluaskan di media sosial dan beriring berkembangnya zaman dan teknologi, kita harus terus berjuang terus berdakwah dengan memanfaatkan berbagai kemajuan.

Fenomena dakwah islam di era new noermal ini dan revolusi digital mengalami perubahan salah satunya itu banyaknya pergerakan dakwah yang didilakukan melalui media digital, yang sekarang dikenal dengan media sosial dan beragam corak karakter yang unik dengan model dakwah konvensional hal ini juga memiliki sisi positif dan sisi negatifnya. Sisi positifnya, dakwah melalui internet atau media sosial ini bisa menjangkau khalayak yang cukup luas dibandingkan dengan berdakwah di majlis langsung.

Namun, disisi lain dakwah dengan menggunakan media sosial juga menimbulkan sejumlah dampak negatif. Seperti menjamurnya ustadz medsos yang hanya berdakwah bermodalkan popularitas, penampilan yang menarik dan gaya tutur bahasa saat berkomunikasi yang atraktif.

Ustadz madsos yang rajin melakukan dakwah disosial media, banyak juga konten dakwah yang bisa dibilang menyimpang dikarenakan dangkalnya pengetahuan tentang agama islam para pendakwah di media sosial slalu ada kesalah pahaman dalam memahami ajaran agama isalam. Alhasil ada beberapa konten dan materi dakwah mereka menyinggung satu klompok, dan membuat beberapa masyarakat resah menimbulkan perpecahan umat.

Pembahasan tentang metode-metode berdakwah itu terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:

Pertama, dakwah fardiah yaitu dakwah yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dalam jumlah yang sedikit. Kedua, dakwah ammah yaitu dakwah yang dilakukan oleh seseorang secara lisan dan disampaikaan kepada banyak orang. Ketiga, dakwah bil lisan yaitu dakwah yang dilakukan secara lisan melalui ucapan dan langsung didengar oleh objek dakwah. Keempat, dakwah bil hal yaitu dakwah melalui perbuatan yang kita lakukan sehari-harinya sebagaimana yang dicontohkan nabi muhammad dan para sahabat. Kelima dakwah tadwin yaitu melalu tilisan bisa melalui buku, koran, ataupun majalah yang mengandung pesan dakwah. Yang terakhir dakwah bil hikmah dengan cara arif dan bijaksana karena dengan metode ini dapat membuaat objek dakwah ertarik dengan meteri yang akan kita sampaikan.

Dakwah virtual dan peran milenial di masa new normal dengan adanya kemunculan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet seperti facebook, youtube, instagram, twitter, tv dan media soaial lainnya yang biasanya dipandang sebagai ruang virtual yang mampu menyebarkan pesan dakwah yang kita sampaikan menjadi lebih efektif, mudah diakses oleh banyak orang.

wancana dakwah virtual yakni sebuah aktifitas amar ma’ruf nahi munkar dengan memanfaatkan media soasial atau internet. Disinilah panggung dakwah para milenial agar bisa berdakwah dan menunjukan perannya dengan berdakwah tampa harus takut ketinggalan zaman, karena dunia maya ini sangat cocok untuk para dai-dai muda. Karena dalam dunia maya tidak mengenal keseragaman dan batas kreatifitas.

Generasi milenial saat ini cenderung dinamis, proaktif dan optimis, dan memili akal yang masih segar dan membara. Sehingga dapat melekat pada jiwa-jiwa muda pada anak milenial saat ini sebuah kreatifitas yang penuh edukasi, solutif dan inovatif. Disinilah kita dapat melihat peluang dari beberapa tantangan diera new normal ini peran para milenial sangat dibutuhkan untuk tetap mengeksiskan dakwah di media soaial. Memanfaatkan kreaktifitas milenial dalam membuat berbagai konten dakwah dan membantu da’i senior untuk menyampaikan risalah islam.

Dengan berdakwah mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman, selain mengikuti pembelajaran yang ada dikampus, mahasiswa itu harus mampu memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin mengisi waktu luangnya dengan hal-hal yang positif. Seperti mengikuti organisasi, berdakwah agar bisa menambah pengalaman apa lagi diera new normal ini mahasiswa harus memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dakwah di Era New Normal

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Semangat!!! Lapas Pati Laksanakan Sepeda Santai Peringati HDKD Ke-77 Tahun 2022

Image

Meriahkan HDKD Ke -77, Lapas Lubuklinggau Ikut Serta RUN VIRTUAL

Image

Semarakkan HDKD, Lapas Magelang adakan Fun Bike dan Virtual Run

Image

Pengayoman Virtual Run UPT Se-Nusakambangan dalam Rangka HDKD Ke-77

Image

Petugas Lapas Narkotika Samarinda Ikuti Virtual Run Dalam Rangka HDKD Ke 77

Image

Jelang HDKD-77 Lapas Pati Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Giri Dharma

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image