Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dimas Muhammad Erlangga

Tugas Kaum Nasionalis: Menangkan Program Kemandirian Nasional

Politik | 2024-01-14 03:59:11
Program kemandirian nasional, yang mewarnai visi-misi Tiga kubu Calon Presiden dalam Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2024, dianggap sebagai jawaban atas persoalan bangsa saat ini.

program kemandirian bangsa memang jalan keluar atas keterpurukan bangsa akibat sistem neoliberal selama ini.

Salah satu calon jelas sekali mengusung Trisakti Bung Karno, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di lapangan ekonomi, dan berkepribadian secara budaya.

untuk menjalankan gagasan Trisakti tersebut, tahap awalnya adalah revolusi mental. Dengan revolusi mental, segala penyakit kepemimpinan nasional, seperti mental korup, mental borjuis, dan mental anti-rakyat, akan terbabat habis.

Gagasan Trisakti tidak mungkin bisa diterapkan tanpa merevolusi mental bangsa ini, terutama pemimpinnya.

Kebutuhan untuk mengedepankan program kemandirian nasional juga diakui oleh kubu capres lainnya. isu kemandirian nasional berusaha menjawab persoalan ekonomi, sosial-budaya, pembangunan manusia, dan lingkungan.

Dalam beberapa tahun terakhir, paham neoliberal cukup mewarnai pengambilan kebijakan di Indonesia. Akibatnya, banyak kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan rakyat marhaen. Kita bisa lihat dalam pemanfaatan kekayaan alam kita. Itu banyak dimanfaatkan dan dikuasai oleh modal asing.

Dalam kerangka itu, semua pasangan capres-cawapres akan lebih mengedepankan rasa nasionalisme agar pemanfaatan sumber daya alam bisa memakmurkan rakyat miskin.

dalam konteks memajukan kepentingan bangsa, tidak relevan mengedepankan perdebatan soal siapa yang nasionalis asli dan palsu. Sebaliknya, kita harus mengajak tiga kubu untuk berbicara mengenai gagasan-gagasan besar mengenai visi membangun Indonesia yang lebih baik.

ketika tiga kubu capres yang maju di Pilpres tahun 2024 mengusung program yang sama, yakni kemandirian nasional, maka yang diperlukan adalah penajaman program hingga ke bentuk praksis rencana kerja ketika berkuasa.

Jadi Saya kira, yang perlu diperdebatkan bukan mana nasionalis palsu dan bukan, tapi lebih ke penajaman program. Dengan begitu, rakyat jelata akan memilih capres yang programnya dianggap paling rasional dan konkret.

Siapapun yang menang nanti, isu kemandirian bangsa itu harus dijalankan. Kita tidak mau, janji menjalankan Pancasila, UUD 1945, Trisakti hanya janji-janji kampanye pemilu.

tugas kaum muda adalah mengawal janji kemandirian nasional dari para capres. Kawan-kawan muda yang berada di parlemen maupun di luar parlemen harus mengawal janji kemandirian nasional itu.

Ada tiga hal mendesak yang mesti dikerjakan oleh kaum nasionalis. Pertama, mendesak para capres untuk mengkonkretkan program kemandirian nasionalnya hingga tataran praksis. Selain itu, kaum nasionalis tidak boleh sungkan mengeritik program capres yang tidak sesuai dengan agenda kemandirian bangsa.

Kedua, penyatuan seluruh kaum nasional yang sepakat dengan program kemandirian nasional. Penyatuan kekuatan itu, kata Rudi, dimaksudkan untuk memastikan agenda kemandirian nasional tidak diblokir oleh kekuatan-kekuatan neoliberal dan kompradornya.

Ketiga, pewadahan massa rakyat untuk mengawal konsistensi capres terpilih dalam menjalankan agenda kemandirian nasional. Menurutnya, sebuah pemerintahan pro kemandirian nasional yang tidak dikawal oleh gerakan rakyat banyak yang terorganisir hanya punya dua pilihan: moderat atau digulingkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image