Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shellia A Effendy

CERMINAN MENJADI WARGA NEGERA INDONESIA YANG BAIK

Eduaksi | Sunday, 09 Jan 2022, 20:52 WIB
TO BE GOOD CITIZENS

Tulisan ini saya buat sebagai cerminan menjadi warga negara indonesia yang baik ( to be good citizens)

menjadi warga negara yang patuh taat kepada aturan negara serta menjadi warga yang memiliki usaha dan kecerdasan intelektual, sosial, emosional, ataupun spritual sehat jasmani dan rohani berakal sehat Serta mampu bersosialisi dan berpartisipasindalam kehidupan bermasyarakat bernegara .

Perekonomian indonesia saat ini World Bank menilai bahwa saat ini Indonesia memiliki Kebijakan Fiskal yang prudent dan juga memiliki Kebijakan Moneter yang tepat.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2021sebesar 3,51 persen (year on year/yoy).

sumber refrensi : https://money.kompas.com/read/2021/11/05/101201326/ekonomi-indonesia-kuartal-iii-2021-tumbuh-351-persen

Dalam peningkatan atau kemajuan ekonomi indonesi berpartipasi mengembangkan perekoniman indonesia dengan

Meningkatkan kualitas diri juga meningkatkan sumber daya manusia menjdi aset yang dibutuhkan dalam meningkatkan perekonomian indonesiaMengelola dengan baikSumber daya Alam, Indonesia merupakan negara dengan sumber daya melimpah yang dapat dikembangkan menjadi bahan dasar produksi maupun bahan pendukung industri.Kembangkan inovasi dalam bidang usaha, menjadi salah satu pengusaha membuka lowongan pekerjaan untuk orang banyak sehingga mengurangi penganguranKembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama

Perkembangan Politik Partisipasi politik merupakan keterlibatan masyarakat dalam aktivitas dan kegiatan politk. Idealnya tujuan partisipasi politik tersebut tidak lain adalah untuk mempengaruhi proses perumusan kebijakan.

partisipasi politik oleh para pakar, dikelompokkan dalam bentuk partisipasi konvensional dan non konvensional. Partisipasi politik non konvensional biasanya dilakukan oleh kelompok penekan, yang diwujudkan dalam kegiatan pengajuan petisi, berbagai bentuk mogok, demonstarsi, tindakan kekerasan politik terhadap harta benda (seperti: perusakan, pemboman, pembakaran, penjarahan dll), kekerasan politik terhadap manusia (seperti: teror, pembunuhan, penculikan, perkosaan dll), perang gerilya, kudeta, revolisi dan sebagainya.

Sedangkan Partisipasi politik konvensional umumnya diwujudkan dalam proses pemberian suara (seperti: pemilihan umum, voting dan lain-lain), diskusi politik, kegiatan kampanye, membentukan partai politik atau kelompok kepentingan, bergabung dengan Parpol atau kelompok kepentingan serta diwujudkan dalam komunikasi dengan pejabat politik atau birokrasi. Basanya patisipasi politik konvensional ini dilakukan oleh kelompok kepentingan, partai politik, lembaga masyarakat dan lain-lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat sosial sudah seharusnya kita menjadi pribadi yang baik dan beradab. Norma-norma sosial pun perlu diterapkan dalam kehidupan sosial.

cara menjadi warga negara yang baik dalam kehidupan sosial antara lain :

Menjunjung tinggi nilai kerukunan antar warga. Gotong RoyongBerpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh wargaMenggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benarPenggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan hal mendasar bagi seluruh masyarakat untuk menjadi warga yang baik (Good Citizenship).Sopan santun dalam berbicaraSaling menghargai Tidak melakukan diskriminasiPatuh terhadap aturan yang dibuat oleh masyarakatMembayar pajak dalam rangka berpartisipasi dalam pembangunan daerahMenyampaikan aspirasi nya kepada masyarakat

Sebagai warga negara yang baik kita perlu mengemukakan pendapat atau aspirasi.

Upaya di atas merupakan cara menjadi warga negara yang baik dalam kehidupan sosial. Dengan kita saling menghargai, tolong menolong, menjaga kerukunan antar warga adalah hal yang dapat memperkuat rasa kekeluargaan dan harmonis di dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan memiliki sikap tersebut kita sudah dapat dikatakan sebagai warga negara yang baik, sehingga kita dapat memajukan SDM Indonesia yang memiliki rasa kekeluargaan yang erat.

Berikut adalah beberapa kewajiban bagi warga negara Indonesia:Kewajiban Taat Hukum

Adanya hukum adalah untuk melindungi hak warga negara. Namun, di saat yang bersamaan, warga negara wajib untuk menaati hukum-hukum yang berlaku. Kewajiban menaati hukum sangat berkaitan dengan melindungi hak milik orang lain. Sebagai contoh, seseorang harus mematuhi peraturan lalu lintas agar tidak menyebabkan kecelakaan dan merenggut hak hidup orang lain.

Kewajiban Bela Negara

Kewajiban bela negara bagi warga negara Indonesia disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi. Setiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk berpartisipasi dalam upaya bela negara sesuai dengan profesi dan keahlian masing-masing.

Kewajiban Menghormati Hak Asasi Manusia

Seluruh warga negara Indonesia mempunyai hak asasi manusia, dan seluruh warga negara Indonesia berkewajiban untuk saling menghormati hak asasi satu sama lain. Oleh karena itu, ada hukuman bagi mereka yang membahayakan hak asasi manusia orang lain. Contohnya, ada hukum bagi pelaku pembunuhan.

Kewajiban Pajak

Di setiap negara ada pajak yang wajib dibayar oleh warga negaranya, termasuk di Indonesia. Pajak adalah bayaran yang wajib dilakukan oleh warga negara Indonesia. Pajak diberlakukan untuk keberlangsungan jalannya negara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image