Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nadine Ananda

Gemini AI: Teknologi Buatan google, Potensi, dan Kelebihan.

Teknologi | Thursday, 11 Jan 2024, 08:27 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan (AI) [ sumber https://www.freepik.com]

Pada era digital sekarang ini teknologi semakin meresap ke dalam aspek kehidupan sehari-hari kita, kecerdasan buatan (AI) menjadi teknologi yang banyak digunakan dalam Berbagi inovasi dan kemajuan saat ini. Chatgpt menjadi satu teknologi AI yang banyak digunakan masyarakat dalam dapat membantu dalam mencari jawaban dan belajar.Pada januari 2022 google meluncurkan teknologi AI yang dapat menandinggi Chatgpt, teknologi AI ini diberi nama Gemini AI.

Kelebihan dan potensi yang dimiliki Gemini AI dibandingkan teknologi AI lain

Gemini AI adalah model pertama yang mengungguli pakar manusia dalam MMLU (Massive Multitask Language Understanding), dengan menggunakan salah satu metode paling populer untuk menguji pengetahuan dan kemampuan pemecahan masalah model AI.

Gemini AI dapat melampui kinerja dalam berbagai tolak ukur seperti teks, pengkodean dan multimoda. Gemini AI menjadi teknologi AI yang dapat menghasilkan kode berdasarkan pada masukan yang ada berikan, dapat menghasilkan teks dan gambar yang digabungkandapat dan membrikan alasan secara visual lintas bahasa.

Gemini memiliki potensi antara lain membuka wawasan dan literatur ilmiah, unggul dalam pemprograman yang kompetitif, memproses dan memahami sinyal audio mentah secara end-to-end, menjelaskan penalaran dalam matematika dan fisika dan untuk menghadirkan pengalaman yang khusus bagi pengguna.

Gemini memiliki 3 variasi yang berbeda diantara lain, Gemini Nano dirancang khusus untuk perangkat seluler termasuk Google Pixel 8, varian kedua Gemini Pro menjadi salah satu fitur unggulan seperti kemampuan dalam mendukung chatbot AI Google yang dikenal dengan nama Bard dan varian Gemini terakhir adalah Gemini Ultra, Gemini ini sedang dalam tahap pengujian keamanan dan dijadwalkan akan segera rilis tahun 2024.

Teknologi Gemini AI memiliki manfaat dan kenggulan di bandingkan teknologi AI lain seperti memiliki kemampuan dalam pemrosesan teks yang lebih maju, Bard dapat diintegrasikan dengan layanan Google lainnya dan pengguna varian nano dapat mengakses Google Gemini secara offline.

Sebagai kesimpulan, kecerdasan butan telah menjadi bagian dari kehidupan dan menjadi bukti kemajuaan peradapan manusia saat ini. Gemini hadir untuk menandingi teknologi AI yang sudah ada seperti Chatgpt. Potensi yang dimiliki Gemini dapat memberikan solusi yang kompleks dan meningkatkan kualitas hidup untuk lebih baik kedepannya. Namun, diperlukan Kerja sama dalam memahami yang lebih dalam untuk memastikan Gemini AI berjalan sesuai dengan nilai-nilai kemanusian dan etika.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image