Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supriyadi

JOSE, Anak Muda Penanam Pohon

Eduaksi | Wednesday, 10 Jan 2024, 08:25 WIB
JOSE semangat memanggul bibit (dokumen pribadi)

Seorang anak muda memanggul carrier gunung di punggungnya yang tidak kekar. Carrier besar itu berisi bibit cemara angin yang daunnya lebat menjulang melebihi tinggi badannya. Saking beratnya beban yang dibawa dia sampai harus berjalan membungkuk dan menunduk menyusuri jalan setapak dari tanah. Tujuan akhirnya adalah lokasi penanaman pohon di Pos 2 gunung Arjuna lewat jalur Lawang. Dia harus berjalan kaki dengan memanggul bibit sejauh 2.5 jam perjalanan untuk tiba di lokasi. Meskipun beban di punggungnya nampak berat sekali, namun dari raut wajahnya tak teralihat rasa lelah atau raut menderita.

Nama anak muda itu adalah Joko Setiawan. Atau oleh kawan - kawannya biasa dipanggil JOSE sebagai nama bekennya. JOSE berasal dari komunitas pecinta alam Indonesian Eagle Surabaya. Walaupun tubuhnya tidak tegap, tapi JOSE sanggup memanggul bibit cemara angin di punggungnya. JOSE ini adalah contoh sosok anak muda yang peduli alam dan mau berbuat baik untuk melestarikan alam dengan ikut kontribusi menanam pohon. Dia bisa menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya khususnya para pendaki gunung untuk terus semangat menanam pohon di gunung.

Jadi sungguh tidak benar jika ada orang berkata bahwa sekarang ini banyak anak muda pendaki yang bermental "tempe" apalagi dikatakan pendaki "alay". Kalau mendaki gunung bisanya cuma meninggalkan sampah dan mengotori gunung saja. Tidak semua pendaki gunung itu demikian, khusunya pendaki anak muda. Kalaupun ada, itu hanyalah segelintir oknum pendaki yang tidak bertanggung jawab. Anak muda seperti JOSE ini bisa menjadi bukti bahwa masih banyak kok kalangan pendaki muda yang masih peduli dengan pelestarian alam. Bahkan JOSE dan kawan - kawan nya tergolong sangat radikal dan militan untuk konsisten merawat alam dengan menanam pohon.

JOSE menjadi representasi kaum muda yang mencintai alam dengan cara menanam pohon di gunung. Mungkin JOSE dan temannya tidak pernah berpikir jauh apakah bibit pohon yang dipanggulnya dengan susah payah itu kelak akan bisa hidup membesar di gunung Arjuna. Hingga pohon yang membesar tersebut kelak bisa berfungsi sebagai pelindung tanah dibawahnya. Atau pohon tersebut akan bisa menjadi sumber oksigen dan menjaga sumber air di gunung Arjuna.

JOSE pasti tidak akan pernah berpikir sejauh itu. Dia hanya memiliki sebuah niat ikhlas untuk berbuat baik ke alam. Dia hanya menjalankan tugasnya untuk memanggul bibit dan menanamnya di lokasi yang ditentukan. Urusan hidup atau tidaknya pohon yang ditanam itu sudah ada yang mengatur yaitu Yang Maha Pencipta. Tugas manusia adalah menjadi perantara untuk menanam bibit pohon agar bisa tumbuh di tempat yang sudah ditentukan.

Sosok seperti JOSE ini membuktikan bahwa generasi muda sekarang ini banyak yang telah memiliki kesadaran tinggi tentang pentingnya melestarikan alam. Mereka tidak hanya mendaki gunung untuk bersenang – senang saja. Tapi mereka juga masih mau peduli atas kelestarian gunung itu sendiri. Semangat JOSE ini tentunya diharapkan akan bisa memancing kemunculan JOSE - JOSE lainnya. Anak muda yang memiliki semangat dan daya juang tangguh untuk berbuat nyata merawat bumi sebagai pelestari alam, bukan sebagai perusak alam.

Spirit JOSE itu barangkali ungkapan yang paling pas untuk menggambarkan tentang kegigihan dan semangat anak muda ini dalam menjaga kelestarian alam. Tak perlu banyak bicara, tapi langsung berbuat dengan tindakan nyata.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image