Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Haryo Pambudi

Perkembangan Penumpang Kereta Api Yang Semakin Meningkat

Info Terkini | Tuesday, 09 Jan 2024, 05:53 WIB
Ilustrasi Kereta Api I Sumber : Pixabay

Di era perkembangan zaman yang sangat pesat ini, kita dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan moda transportasi darat, terkadang kita bingung untuk menggunakan transportasi umum apa yang cocok untuk pergi ke suatu daerah dan melakukan berbagai pertimbangan mulai dari harga hingga fasilitas yang ditawarkan.

Sebagian besar dari kita untuk bepergian ke suatu daerah cenderung memilih kereta api sebagai transportasi andalan karena selain harganya yang murah, nyaman, aman, dan tidak perlu memikirkan keterlambatan karena pergerakannya yang tepat waktu dan anti macet.

Saat ini pemerintah juga telah meningkatkan pelayanan dari berbagai bidang, salah satunya berupa upgrading kereta ekonomi menjadi lebih nyaman yang dinamakan new generation. Saat ini kereta ekonomi new generation telah mengubah desain interiornya yang lebih modern, toilet yang lebih mewah, hingga terdapat ruang ibadah.

Tentunya hal ini akan berdampak pada meningkatnya kepercayaan publik dan jumlah penumpang. Hal ini dibuktikan dengan data berikut ini.

Sumber : Badan Pusat Statistik

Dapat dilihat bahwa penumpang baik dari berasal dari jawa maupun sumatera mengalami peningkatan dari tahun 2022. Di pulau jawa, terhitung pada periode Januari-November 2022 memiliki jumlah penumpang sebesar 243 juta dan mengalami peningkatan sebesar 35 persen dari tahun sebelumnya yaitu pada periode Januari-November 2023 sebanyak 330 juta penumpang. Perubahan jumlah penumpang tertinggi area jawa terdapat pada area non jabodetabek yang meningkat sebesar 37 persen dari tahun 2022 periode Januari-November sebesar 48 juta penumpang ke tahun 2023 periode Januari-November sebesar 66 Juta penumpang.

Sedangkan pada area jabodetabek di tahun 2022 periode Januari-November sebesar 194 juta penumpang dan meningkat sebesar 35 persen di tahun 2023 periode Januari-November sebesar 264 juta penumpang.

Di wilayah sumatera terjadi peningkatan sebesar 49 persen dari tahun 2022 periode Januari-November sebesar 4 Juta penumpang dan pada tahun 2023 periode Januari-November sebesar 6 juta penumpang. Apabila ditotal keseluruhan, dari tahun 2022 periode Januari-November sebesar 247 juta penumpang dan meningkat 36 persen pada tahun 2023 periode yang sama sebesar 336 juta penumpang.

Dari peningkatan jumlah penumpang tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api masih ada dan cenderung meningkat dibandingkan dengan transportasi publik lainnya karena faktor keamanan dan kenyamanan yang diberikan. Penting untuk tetap menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan milik pribadi mengingat pemanasan global yang saat ini terjadi masih dirasakan, oleh karenanya dengan menggunakan transportasi umum, secara tidak langsung juga turut menjaga lingkungan bumi dari pemanasan global.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image