Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M agus muatqin

Catur, Permainan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Otak dan Mental

Olahraga | Monday, 08 Jan 2024, 15:15 WIB

Catur merupakan salah satu olahraga untuk mengasah otak. Dalam permainan catur, kamu harus berpikir dengan keras dan cermat untuk mengalahkan lawanmu. Situasi yang dihadapi saat bermain catur bermanfaat untuk kesehatan otak dan mental.

Bermain catur meiliki manfaat untuk kesehatan dan mental seperti meningkatkan memori, meningkatkan kreativitas, membangun perencanaan yang lebih baik, membantu terapi, mengasah fokus, mengembangkan keterampilan pemecahn masalah.

Meningkatkan memori
Dalam sebuah penelitian, pemain catur profesional dinilai memiliki memori yang kuat, selain itu juga mereka memiliki memori pendengan yang lebih baik. mereka mampu mengingat apa yang telah dipelajari melalui pendengaran.

Meningkatkan kreativitas
Para peneliti di sebuah sekolah di india menguji kemampuan berpikir kreatif dari kedua kelompok siswa. salah satu kelompok dilatih bermain catur dan lainya tidak. dalam tes tersebut, siswa diminta untuk menafsirkan pola abstrak. peneliti menyimpulkan bahwa catur meningkatkan kemampuan berfikir siswa menjadi lebih kreatif.

Membangun perencenaan yang lebih baik
pemain catur selalu mempertimbangkan setiap gerakanya sebelum melakukan gerakan. Dalam situasi itu, Mereka sedang mempredikis setiap kmungkinan yang terjadi untuk mengantisipasi tanggapan lawanya. Dalam hasil sebuah studi menunjukan bahwa kelompok yang tidak bermain catur membutuhkan waktu lama dalam perencanaan.

Membantu terapi
Melalui permain ini terapis dapat melihat reaksi pasien terhadap stres dan tantangan yang muncul. kemudian, terapis menilai respons pasien dan memberikan saran yang tepat.

Mengasah fokus
Seperti yang dikatakan pecatur dunia asal Amerika serikat, Bobby fischer, "catur menuntut konsentrasi total" fokus saat bermain catur berguna dalam kehiduan sehari hari. Misalnya, ketika dihadapkan dalam pekerjaan rumah dan tugas sekolah, kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakanya.









Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image