Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hafizh Alfikri

Pentingnya Sholat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Agama | Sunday, 07 Jan 2024, 15:01 WIB

Shalat merupakan ibadah yang agung dalam ajaran Islam. la adalah pokok kedua yang disebutkan Al-Qur'an setelah beriman kepada yang ghaib. Dan di akhirat nanti shalat merupakan amal yang pertama kali akan ditanyakan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya.

قُلْ لَعِبَادِيَ الَّذِينَ امنوا يقيموا الصلوة وينفقوا مما رزقتهم سرا وعلانية من قَبْلِ أَنْ يَأْتِي يَوْمَ لَا

بيع فِيهِ وَلَا جُلَل (۳۱)

"Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: "Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun secara terang-terangan sebelum datang hari kiamat, yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan." (Ibrahim [14]: 31)

Allah SWT memerintahkan setiap muslim untuk mendirikan shalat dan mengerjakannya dengan sempurna, baik ketika berdiri, rukuk, maupun sujud, dan menyempurnakan bacaannya. Menegakkan shalat berarti meninggalkan semua larangan dan mengerjakan semua perintah yang terkandung di dalamnya. Di dalam shalat terdapat syarat, rukun, sunnah, adab, hal-hal yang makruh dan yang membatalkannya. Jika seseorang memenuhi syarat, rukun, kewajiban, sunnah dan adabnya serta meninggalkan yang membatalkannya maka ia telah menegakkan shalat. Allah Swi telah menyisipkan janji keberuntungan bagi orang yang khusyu' di dalam shalatnya. Dan orang yang kehilangan kekhusyu'an dalam shalatnya, maka ia tidak termasuk dalam golongan orang yang beruntung. قد

أفلح المُؤمِنُونَ (۱) الَّذِينَ هُمْ فِي صلو تهم خاشعون (۲)

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam shalatnya" (Al-Mukminun: 1-2)

Shalat merupakan sebuah perantara antara hubungan manusia dengan tuhanya, sehingga dari sini kita bisa menyimpulkan betapa pentingnya sholat di kehidupan kita. Bahkan di dalam al Qur'an pun disebutkan beberapa point penting tentang sholat di antaranya adalah: 1. Shalat adalah tolak ukur amai, yang berarti bahwa kualitas amal seseorang ditentukan oleh Shalatnya.

2. Shalat adalah tiang agama. Hal ini disebutkan dalam hadist Rasulullah yang diriwayatkan

oleh Baihaqi "Shalat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama: dan barangsiapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah merubuhkan agama"

3. Shalat adalah kunci surga. Hal ini disebutkan dalam hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Muslim dari Jahir yang dikutip dari kitah Ihya Uumuddin karya Imam Ghazali.

4. Shalat merupakan perintah langsung dari Allah swt tanpa perantara malaikat kepada Nabi Muhhamad saw ketika perjalanan Isra dan Mi'raj.

5. Shalat menjadi benteng yang menjaga diri kita dari perbuatan keji dan maksiyat.

6. Shalat sebagai pengingat kita kepada Allah SWT.

Kemudian apa peran pentingnya dalam kehidupan sehari-hari? Dalam sebuah penelitian tentang shalat disebutkan bahwa shalat dapat menjadikan orang pintar dan cerdas. Menurut penelitian tersebut, ketika kita sujud dan rukuk dalam shalat, suplai oksigen. menuju otak itu akan maksimal. Oleh karena, maksimalnya suplai oksigen menuju otak menjadikan peredaran darah menuju otak menjadi maksimal pula. Dan ustadz adi hidayat di dalam kajianya menyebutkan bahwa ada 5 point penting sholat dalam

kehidupan sehari-hari, diantaranya:

1. Bisa melatih pribadi kita menjadi lebih baik

2. Menghadirkan ketenangan di dalam jiwa

3. Sarana curhat tempat terbaik dan tempat cepat terkabulnya doa

4. Mempercepat kesuksesan 5. Menghadirkan kebahagiaan dalam kehidupan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image