Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Inilah 5 Alasannya Kenapa Kalian Wajib Memilih Jurusan Sistem Informasi

Teknologi | Sunday, 07 Jan 2024, 03:06 WIB

Sebelum membahas "5 Alasan Kenapa Kalian Wajib Memilih Jurusan Sistem Informasi", alangkah baiknya kita mengetahui definisi dari sistem informasi. Sistem informasi adalah suatu sistem yang mengkombinasikan antara aktivitas manusia dan penggunaan teknologi untuk mendukung manajemen dan kegiatan operasional. Sistem informasi dapat digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan mendistribusikan informasi yang relevan bagi organisasi atau individu.

Menurut laman Quipper, program studi Sistem Informasi merupakan salah satu program studi yang unik karena menggabungkan beberapa bidang keilmuan, yaitu Ilmu Komputer, Manajemen, dan Bisnis.

Sebelum masuk ke pembahasan aku ingin memberitahu nih, kalau lulusan yang menguasai bidang sistem informasi banyak dibutuhkan. Karena di masa yang akan datang, kebutuhan dunia kerja terhadap lulusan yang menguasai sistem informasi akan semakin di butuhkan. Apalagi di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi sudah berkembang sangat pesat. Dimana semua kegiatan yang kita lakukan tidak lepas dari penggunaan teknologi.

Cukup sudah basa-basinya, ayo kita masuk ke pembahasan dari topik kita!

5 Alasan Kenapa Kalian Wajib Memilih Jurusan Sistem Informasi.

1. Ilmu yang aplikatif

Kenapa bisa di bilang ilmu yang aplikatif? Karena ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah bisnis dan organisasi dengan menggunakan teknologi informasi. Beberapa contoh ilmu yang aplikatif dalam sistem informasi adalah analisis bisnis, pengembangan perangkat lunak, manajemen proyek, dan komunikasi.

2. Mempelajari ilmu teknologi dan bisnis

Salah satu hal unik di jurusan sistem imformasi ialah penggabungan antara ilmu teknologi dan bisnis, di sini kita tidak hanya belajar tenang konsep-konsepnya saja dan ada juga beberapa alasan penting kita mempelajari ilmu teknologi dan bisnis:

1. Mengejar kemajuan teknologi informasi: Sistem Informasi membantu mengembangkan dan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam berbagai aspek bisnis.

2. Perubahan dalam kondisi perekonomian: Sistem Informasi memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pasar dan perkembangan teknologi.

3. Persaingan bisnis: Sistem Informasi membantu bisnis menghadapi persaingan dengan mengoptimalkan operasi dan meningkatkan efisiensi.

4. Meningkatkan value perusahaan: Sistem Informasi membantu mengoptimalkan aset bisnis, seperti data, dan meningkatkan daya saing bisnis dengan memudahkan pengambilan keputusan dan meningkatkan efisiensi.

3. Berpeluang menjadi pengusaha

Dengan bekal pengetahun dan keterampilan sistem informasi, kita akan memiliki pemahaman yang dalam mengenai teknologi informasi dan mengamati tren yang sedang ramai di industri, hal ini bisa kita manfaatkan untuk membangun usaha. Sistem informasi bisa berpeluang untuk menjadi pengusaha karena memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Sistem informasi memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam berbisnis, seperti pengembangan aplikasi, layanan konsultasi teknologi, manajemen proyek IT, atau bisnis berbasis online.

2. Sistem informasi memiliki kreativitas dan inovasi dalam menciptakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan organisasi, serta mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang.

3. Sistem informasi mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui program pengembangan kewirausahaan nasional, yang memberikan fasilitas seperti pendataan, pemetaan, klasterisasi, informasi, rekomendasi, pelatihan, workshop, pameran, akses pembiayaan, pendampingan perizinan, sertifikasi, dan lain-lain.

Jadi, sistem informasi bisa berpeluang untuk menjadi pengusaha karena memiliki potensi dan kemampuan untuk mengembangkan bisnis berbasis teknologi informasi yang kreatif dan inovatif, serta mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam memperkuat ekosistem kewirausahaan

4. Menjadi Progammer

Programmer adalah salah satu profesi yang banyak dicari di era digital ini, karena program komputer digunakan di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, keuangan, dan lain-lain. Programmer juga bisa bekerja di berbagai sektor, baik swasta, pemerintah, maupun non-profit. Selain itu, programmer juga bisa bekerja secara mandiri sebagai freelancer atau pengembang aplikasi.

Jadi, dengan masuk jurusan sistem informasi, kita bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang programmer yang handal dan profesional. Tentu saja, kita juga harus rajin belajar, berlatih, dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru agar bisa bersaing di dunia kerja.

5. Prospek kerja yang luas

Zaman yang sudah semakin modern dan serba digital membuat jurusan ini memiliki prospek kerja yang bisa dikatakan tidak akan redup. Lulusan sistem informasi memiliki peluang kerja yang luas di berbagai sektor industri, termasuk perbankan, perusahaan teknologi, konsultansi, perusahaan e-commerce, perusahaan manufaktur, dan banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa contoh profesi yang bisa dijalani oleh lulusan sistem informasi:

1. Web Developer

2. Database Administrator

3. System Analyst

4. Software Developer

5. Network Administrator

6. Business Analyst

7. Data Scientist

8. Information Security Analyst

Jurusan sistem informasi adalah pilihan yang tepat bagi kalian semua yang ingin mengetahui lebih dalam tentang teknologi. Dengan kalian mempelajari bidang ini kamu akan memiliki prospek kerja yang luas dan pengalaman yang tidak bisa di lupakan.

Daftar Pustaka

https://www.siwira.id/

https://jdih.maritim.go.id/en/pengembangan-kewirausahaan-nasional-2021-2024

https://www.ruangguru.com/blog/jurusan-sistem-informasi

https://www.kompasiana.com/mzainalfiyanmuis15/60ac4c6e8ede4852c2101822/berwirausaha-berbasis-teknologi-informasi

https://www.umn.ac.id/jurusan-sistem-informasi-dan-alasan-tepat-memilihnya/

https://primakara.ac.id/blog/tips-kuliah/bedanya-sistem-informasi-dan-informatika

https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-sistem-informasi/

https://kampusaja.com/prospek-kerja-sistem-informasi/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image