Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image naomi ardina

Peran Diaspora Somalia dalam Pembangunan Somalia

Edukasi | Saturday, 06 Jan 2024, 14:06 WIB
Ilustrasi Gambar Bendera Somalia, Foto : Pixabay.com

Kontribusi diaspora tidak dapat disangkal dalam mendukung Somalia baik secara finansial politik, maupun perkembangan sosialnya. Diaspora berperan penting dan berkaitan erat dengan transnasionalisme, globalisasi, dan persinggungan antara identitas.

Diaspora menjadi sumber dukungan penting bagi perekonomian Somalia, hal ini dapat dilihat dari adanya pengiriman uang bagi keluarga maupun teman, bantuan kemanusiaan, dan partisipasi upaya pemulihan dan rekonstruksi. Pengiriman uang tersebut dapat digunakan sebagai dukungan bagi warga Somalia yang membutuhkan makanan, kesehatan, layanan pendidikan, bahkan dapat digunakan sebagai pendirian usaha dan menciptakan lapangan kerja baru yang berpotensi untuk mendukung pembangunan ekonomi Somalia. Diaspora Somalia adalah investor utama yang menyediakan 80% modal awal untuk UMKM.

Usaha yang dibangun secara individu maupun kelompok mengumpulkan sumber daya dan mengelola usaha di tingkat eksekutif yang tersebar di berbagai sektor seperti industri skala kecil, telekomunikasi, dan perdagangan. Peran penting yang dimainkan oleh diaspora dalam membangun ekonomi juga dapat berhubungan dengan peningkatan infrastruktur dan penciptaan lembaga keuangan yang lebih kuat serta promosi peluang investasi di Somalia. Upaya yang dilakukan ini dapat meningkatkan mekanisme dan investasi yang lebih besar di Somalia.

Saat ini banyak anak muda Somalia yang melihat potensi kesuksesan dan kehidupan yang lebih baik melalui pendidikan, hal ini akan memberikan dampak positif kepada masyarakat secara keseluruhan. Diaspora Somalia juga membawa rasa profesionalisme dan meningkatkan standar dalam industri tertentu, seperti bisnis dan hiburan. Hal ini memberikan peluang baru bagi kaum muda di Somalia, yang mungkin tidak memiliki akses terhadap sumber daya dan peluang yang sama di masa lalu.

Besarnya peran diaspora dalam membangun Somalia juga menjadi topik yang diperbincangkan karena masyarakat lokal merasa lebih berhak atas kekuasaan dan politik di negaranya, sementara diaspora berpendapat bahwa mereka memiliki pengetahuan, keterampilan, serta sumber daya yang dapat digunakan untuk membantu kemajuan dan pemulihan negara.

Dampak signifikan dari diaspora terhadap struktur politik adalah kontribusi sumber daya keuangan dan manusia yang membantu menopang negara pada saat krisis dan pembangunan kembali Somalia. Diaspora menawarkan serangkaian keterampilan, pengalaman, dan perspektif unik, yang sangat berharga dalam membimbing negara menuju masa depan yang lebih stabil dan sejahtera. Diaspora juga mempunyai akses terhadap sumber daya, keahlian, dan jaringan yang dapat membantu mendukung negara ini, dan keterlibatan mereka dapat membantu membangun jembatan antara Somalia dan komunitas internasional.

Diaspora Somalia memberikan kontribusi yang paling berkelanjutan dan kontribusi langsung terhadap pembangunan dan pemberian layanan dengan mendirikan dan mendukung lembaga-lembaga lokal di daerah asal daerah, distrik atau desa. Dapat dilihat dengan jelas bahwa diaspora akan terus memainkan peran penting dalam membangun pertumbuhan Somalia. Tantangan bagi diaspora Somalia dan generasi berikutnya adalah menemukan keseimbangan antara menerima ide-ide dan cara hidup baru, sekaligus melestarikan dan menghargai warisan budaya dan tradisi mereka.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi, Foto: Pixabay.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image