Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syahrial, S.T

6 Kiat Ampuh Menjaga Keutuhan Tauhid

Agama | Saturday, 06 Jan 2024, 07:12 WIB
Sumber foto: Shopee


Tauhid merupakan pondasi utama dalam ajaran Islam. Tauhid adalah kepercayaan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Menjaga keutuhan tauhid sepanjang hayat adalah kewajiban setiap muslim.

Memang tidak mudah untuk senantiasa konsisten dalam bertauhid. Godaan dan rintangan selalu menanti. Oleh karena itu, kita memerlukan beberapa kiat agar bisa mempertahankan tauhid hingga akhir hayat.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga tauhid:
Pertama, berdoa kepada Allah agar senantiasa diberikan kekuatan iman dan keistiqomahan dalam bertauhid. Kita perlu memohon kepada Allah agar hati ini senantiasa terpelihara dalam menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dengan berdoa, hati akan menjadi tenang dan tentram karena yakin bahwa Allah selalu bersama hamba-Nya yang berserah diri kepada-Nya.

Kedua, tekun menuntut ilmu agama terutama yang berkaitan dengan tauhid. Semakin banyak ilmu agama yang kita dapatkan, semakin paham pula kita akan makna tauhid yang sesungguhnya. Dengan bekal ilmu, kita bisa mengetahui hal-hal yang dapat merusak tauhid dan menjauhinya. Ilmu agama akan menjadi benteng yang melindungi keutuhan tauhid kita.

Ketiga, menjalankan ketaatan kepada Allah dan menjauhi segala kemaksiatan. Ketaatan akan memperkuat tauhid dan membuatnya semakin kokoh. Sementara kemaksiatan justru akan melemahkannya bahkan bisa menghancurkannya. Oleh karena itu, laksanakan shalat lima waktu, puasa wajib, zakat, naik haji jika mampu, baca Alquran, dan lain sebagainya.

Keempat, bergaul dengan orang-orang shalih terutama mereka yang mendalami ilmu tauhid. Pergaulan yang baik akan memberikan pengaruh positif dalam mempertahankan kemurnian tauhid. Kita bisa saling mengingatkan jika ada yang salah dan meleng dari jalan tauhid yang lurus.

Kelima, mencontoh akhlak dan perilaku Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang merupakan contoh tauhid sempurna. Beliau adalah manusia pilihan Allah yang diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Dengan meneladani Baginda Nabi, tauhid kita akan semakin kokoh.

Keenam, senantiasa mengarahkan hati hanya kepada Allah. segala amal ibadah kita lakukan hanyalah karena mencari keridhaan-Nya, bukan karena yang lain. Dengan memurnikan niat dan selalu mengingat Allah, hati akan senantiasa terjaga dalam tauhid yang lurus.

Itulah enam kiat penting dalam menjaga tauhid agar tetap utuh sepanjang hayat sampai ajal menjemput. Kiat-kiat di atas sebenarnya saling terkait satu dengan yang lainnya. Jika hati, ilmu dan amal kita benar, maka tauhid akan senantiasa terjaga dengan baik.

Marilah kita tingkatkan kualitas doa memohon kepada Allah agar diberi kekuatan dalam memelihara tauhid yang murni. Tingkatkan kualitas ilmu dengan rajin belajar ilmu-ilmu agama khususnya yang terkait tauhid seperti ilmu akidah.

Tingkatkan kualitas amal ibadah dengan mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya dengan penuh keikhlasan semata karena Allah. Perbanyak bergaul dengan orang-orang shaleh dan mencontoh akhlak Nabi Shallallahu alaihi wassallam.

Jika keenam kiat di atas bisa kita lakukan dengan istiqomah, insya Allah tauhid kita akan terjaga hingga akhir hayat. Kita akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat karena berhasil menjaga amanah tauhid dari Allah hingga ajal menjemput.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image