Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lidia Rahmawahyudi

Pendidikan Islam terpadu untuk Indonesia Maju

Agama | Friday, 05 Jan 2024, 07:19 WIB

Pendidikan Islam Terpadu Untuk Indonesia Maju

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa Pendidikan menjadi acuan nomor satu untuk membentuk sebuah karakter seseorang. Tentu hal ini tidak pernah lepas dari Agama, karena Agama sudah menjadi kebutuhan pokok manusia itu sendri. Di Indonesia yang mayoritas penduduknya menganut keyakinan Agama Islam, Pendidikan Agama Islam juga perlu untuk menjadi sebab kemajuan sebuah Negara tersebut.

Namun tidak semua masyarakat Indonesia menganut keyakinan Agama Islam, bagaimanapun Agama menjadi penentu arah dengan keyakinannya, dalam Agama dapat membentuk kepribadian seseorang menjadi lebih bermoral dan dengan nilai norma yang tinggi. Setiap Agama memiliki tujuan utama yang sama dalam pengagungan pada Tuhan-Nya, yaitu tauhid atau sebuah kepercayaan dan keyakinan.

Kembali ke permasalahan Pendidikan di Indonesia ini, yang menurut saya masih belum sepenuhnya dapat dirasakan oleh para pelajar, karena minimnya tenaga Pengajar yang sangat memahami Pendidikan Islam tersebut. Pendidikan Islam tidak hanya tentang Hukum, tata cara, dan rukun. Ada pula hal mengenai Norma yang menjadi acuan. Dengan adanya Pendidikan Islam yang Terpadu memudahkan setiap Individu untuk lebih baik dan lebih bermoral tentunya dalam bertindak sesuatu.

Lebih bagus apabila Pengetahuan Umum yang berdedikasi tinggi, diiringi dengan Pendidikan Islam yang terpadu mampu mengimbagi kesuksesan dunia dan kesuksesan akhirat juga. Peran pendidikan Islam mampu mendoktrin dan mengajak setiap individualis dalam mematuhi perintah dan larangan yang ada di Indonesia ini.

Penelitian Indonesia mengungkapkan bahwa pentingnya Pendidikan Islam dapat dilihat dari konteks berubahnya era sebuah pengetahuan dan juga adanya tantangan globalisasi, maka dari itu Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia harus menyeimbangkan kurikulumnya dengan perubahan zaman ini untuk memecahkan permasalahan yang sedang dibutuhkan pada zaman sekarang ini.

Tidak hanya Pendidikan saja yang penting, namun dengan teknologi Islam yang baru dan semakin berkembang dapat memacu semangat para pelajar Islam masa kini untuk lebih mudah memahami dan mempelajari tentang Pendidikan Islam dan bisa membentuk karakter pelajar Islam di era globalisasi yang Tangguh dan memajukan semua teknologi yang ada di Indonesia ini, maka dengan adanya Pendidikan Islam yang terpadu menjadikan Indonesia lebih maju.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image