Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khairani Yasmin

Meningkatkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Kurikulum Merdeka

Eduaksi | Thursday, 04 Jan 2024, 10:42 WIB

Model Discovery Learning: Upaya Meningkatkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Kurikulum Merdeka

Pembelajaran abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas. Kurikulum Merdeka juga fokus pada pengembangan keterampilan abad ke-21. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan abad 21 adalah model pembelajaran Discovery Learning.

Discovery learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam model pembelajaran ini, siswa didorong untuk menemukan sendiri konsep-konsep baru melalui proses penyelidikan aktif. Discovery learning memiliki beberapa manfaat, termasuk meningkatkan minat, motivasi, berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Discovery learning dapat meningkatkan minat siswa karena siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga melakukan eksperimen dan penyelidikan. Hal ini membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar.

Discovery learning dapat meningkatkan motivasi siswa karena siswa merasa memiliki kontrol atas pembelajaran mereka. Siswa tidak hanya diberi informasi, tetapi juga diberi kesempatan untuk menemukan sendiri informasi tersebut. Hal ini membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar karena mereka merasa terlibat dan memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Discovery learning juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa lebih memahami konsep-konsep baru. Ketika siswa menemukan sendiri konsep-konsep baru, mereka akan lebih memahami dan mengingat konsep- konsep tersebut. Hal ini karena siswa telah mengalami sendiri proses pembelajaran dan menemukan sendiri jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka.

Oleh karena itu, model pembelajaran Discovery learning menjadi salah satu pilihan model pembelajaran yang cocok diterapkan dalam kurikulum Merdeka. Model pembelajaran ini membantu siswa mengembangkan keterampilan yang mereka perlukan untuk abad ke-21.

Namun ada beberapa saran untuk guru agar dapat meningkatkan efektivitas penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam konteks kurikulum Merdeka:

· Guru perlu mempersiapkan bahan dan alat pembelajaran yang memadai agar siswa dapat melakukan penyelidikan dengan baik.

· Guru perlu memberikan bimbingan dan pendampingan kepada siswa selama proses pembelajaran.

· Guru perlu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan teman sebaya.

Berdasarkan manfaat-manfaat diatas dan dengan penerapan yang tepat, model pembelajaran discovery learning dapat memberikan dampak yang positif bagi pembelajaran siswa dalam konteks kurikulum Merdeka. Model pembelajaran ini dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image