Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zanet Naimahendra

Ubi Ungu Bisa Jadi Obat Penyembuh Maag?

Edukasi | Tuesday, 02 Jan 2024, 10:51 WIB
Obat Alami Untuk Penderita Maag & Gerd

Tahukah kalian bahwa ubi ungu adalah salah satu alternatif untuk menyembuhkan asam lambung? Ditinjau dari potensi sumber daya wilayah, Indonesia memiliki potensi ketersediaan pangan sebagai sumber karbohidrat yang cukup besar.Tak jarang di beberapa daerah ubi jalar masih digunakan sebagai sumber makanan pokok pengganti nasi. Salah satu sumber karbohidrat adalah jenis umbi-umbian yaitu ubi jalar (Ipomoea batatas L).

Ubi jalar pun banyak macamnya ada yang dari warna putih dan oranye, hingga ditemukan berwarna ungu. Yang perlu diketahui adalah warna ungu pada ubi jalar disebabkan oleh adanya zat warna alami yang disebut antosianin. Antosianin adalah kelompok pigmen yang menyebabkan warna kemerahmerahan, letaknya di dalam cairan sel yang bersifat larut dalam air (Husna et al., 2013).

Ubi ungu mengandung banyak sekali vitamin dari vitamin A, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, beta karoten, antosianin yang dapat mengurangi peradangan pada lambung (Ticoalu et al., 2016). Selain itu juga kandungan serat yang banyak pada ubi ungu dapat mencegah asam lambung naik dan mengurangi sembelit, juga memiliki sifat inflamasi atua anti peradangan yang mampu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada lambung. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi ubi ungu dibandingkan ubi jalar jenis lain bagi penderita asam lambung ditinjau dari kandungan gizinya yang lebih baik.

Untuk itu, jika ubi ungu dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit asam lambung, maka tidak ada salahnya kita mencoba untuk mengkonsumsi ubi ungu setiap hari. Misalnya jika kita makan 3 kali/ 1 hari , kita ganti nasi misalnya makan malam dengan ubi ungu saja. Adapun untuk mengolah ubi ungu agar tidak bosan dapat diolah menjadi variasi makanan misalnya ubi ungu rebus, dibuat menjadi es krim, ataupun ubi ungu dijadikan serundeng, dan masih banyak lagi sesuaikan dengan selera. Jadi apakah kalian penderita sakit maag dan gerd akan mencoba untuk mengkonsumsi ubi ungu?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image