Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sherly Divatiara

Pengaruh Cat Reflektif Surya Becool terhadap Kenyamanan Termal

Edukasi | Sunday, 31 Dec 2023, 02:40 WIB

Penelitian ini memilih studi kasus pada bangunan Koramil 0618 yang terletak Jl. Gegerkalong Girang No. 4, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40153. Penelitian dilakukan pada 1 Januari 2023 sampai dengan 4 Januari 2023. Untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan Elitect RC-4 untuk mengukur suhu permukaan dan anemometer untuk suhu, kelembapan, dan kecepatan angin.

Setelah melakukan pengecatan yaitu jam 10.00-11.20 permukaan suhu 51.7 , jam 12.45 menjadi 42.5 , sedangkat pada jam 14.00 suhu meningkat menjadi 50.9 .

Sedangkan setelah melakukan pengecatan menggunakan surface dengan rata-rata temperatur yaitu 31.6 . Dan setelah disimpulkan pengukuran sebelum dan sesudah pengecatan, terdapat perubahan suhu pada ruangan koramil. Terjadi penurunan rata-rata suhu dari 29.4°C ke 26.3°C dimana ruangan yang menggunakan cat reflektif surya BeCool termasuk ke dalam kriteria hangat nyaman sesuai dengan SNI.

Bisa kita simpulkan bahwa penggunaan cat refletif BeCool mampu membatu bangunan penurunan rata-rata suhu harian dan memberikan kenyamanan termal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image