Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fauziah Aznatul Fatiha

Menciptakan Generasi Muda yang Berkarakter

Parenting | Saturday, 30 Dec 2023, 12:49 WIB

Di era globalisasi ini, menciptakan generasi muda yang berakhlak baik menjadi tantangan tersendiri. Tidak hanya belajar tentang pengetahuan maupun akademik, tetapi diperlukan juga pembentukan karakter. Akhlak mempunyai peran penting dalam membangun suatu bangsa, bisa dibilang akhlak lebih penting daripada ilmu karena orang yang berilmu belum tentu berakhlak baik tapi orang yang berakhlak sudah pasti berilmu. Berikut adalah beberapa cara agar terciptanya generasi muda yang berakhlak baik.
1. Peran Keluarga Pendidikan informal dimulai dari keluarga, keluarga memiliki peran besar dalam membentuk karakter seseorang. jika anak tumbuh dan berkembang dengan lingkungan yang penuh kasih sayang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang periang, ceria dan mampu mengontrol emosi. selain itu diperlukan komunikasi yang terbuka dan penuh kasih, serta memberikan contoh positif kepada anak ini sangat membantu membentuk pondasi moral. Orang tua juga perlu menyadari pentingnya mendidik anak-anak tidak hanya secara akademis, tetapi juga moral.
2.Pendidikan Moral di Sekolah Pendidikan di sekolah tidak hanya mengajarkan tentang akademik, pendidikan moral pun harus menjadi bagian dari kurikulum pendidikan. Pendidikan moral bisa dilakukan dengan menciptakan lingkungan sekolah yang positif, memberikan pemahaman tentang nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Guru dapat memberi contoh perubahan dengan menjadi teladan dalam mengamalkan nilai-nilai tersebut.
3. Pergaulan yang baikpergaulan yang sehat membawa pengaruh yang positif seperti pepatah yang satu ini jika berteman dengan penjual minyak wangi, Anda akan ikut wangi, sebaliknya jika berteman dengan tukang ikan, Anda akan ikut bau amis. maka dari itu kita perlu memilih teman dengan baik.
Menciptakan generasi muda yang berakhlak baik adalah upaya bersama. Keluarga dan sekolah dapat bersinergi untuk membentuk individu yang tidak hanya pintar secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas dan moralitas yang tinggi. Dengan langkah-langkah ini, kita dapat membentuk masa depan yang lebih baik.

keluarga, sekolah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image