Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Ita

Investasi Emas atau Deposito? Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Bisnis | Thursday, 28 Dec 2023, 20:07 WIB

Hai Teman-teman! mari Kita bersama-sama belajar memahami manakah yang lebih menguntungkan? investasi emas atau deposito? Sebenarnya keduanya sama-sama investasi yang menguntungkan,tapi lebih baik yang mana ya?

Sebelum memulai, mari Kita mari tahu dulu apa pengertian dari Investasi Emas dan Deposito.

Inventasi Emas

Investasi emas adalah penanaman modal berupa emas yang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan. Investasi emas sendiri merupakan penambahan kekayaan yang dapat diuangkan dalam jangka waktu tertentu.Jika biasanya investasi biasa dilakukan dalam bentuk non fisik, investasi emas ini bisa dilakukan dalam bentuk fisik lalu menyimpan nya sendiri atau menyimpannya di bank. Keuntungan investasi emas tergantung pada harga emas dipasaran. Jika harga emas naik signifikan maka keuntungan yang diperoleh pun besar.

Darimana asal keuntungan emas didapatkan? keuntungan emas didapatkan dari selisih harga beli dan jualnya.Sejauh ini,investasi emas dipasaran mengalami kenaikan disetiap tahunnya. Tapi, tidak dapat dipungkiri jika suatu saat harga emas mengalami fluktuatif.Deposito

Deposito adalah uang yang disimpan di dalam rekening,dimana simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan dengan jangka waktu dan syarat-syarat tertetu. Deposito terkenal dengan investasi yang aman dengan rendah tingkat resiko,hanya saja pencairan uang hanya dapat dilakukan jika sudah jatuh tempo.

Biasanya jangka waktu deposito sekitar 1 bulan,3 bulan,6 bulan bahkan 1 tahun. Namun jangka waktu tersebut sesuai dengan kebijakan setiap Bank.

Pertanyaannya baimana caranya jika Kita ingin mencairkan dana? Yaps,pencairan dana dapat dilakukan ketika sudah tiba jatuh tempo.Adapun keuntungan dari investasi deposito adalah dana yang kamu simpan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin mendepositokan uang Kamu.Investasi Emas atau Deposito?

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas investasi ini memang banyak diminati bagi orang yang ingin melakukan investasi,tapi jika dibandingkan manakah yang lebih menguntungkan? investasi emas atau deposito? Mari kita simak berdasarkan dari tujuan, inflasi dan imbal hasil.

1. Berdasarkan Tujuan

Sebelum menentukan instrumen insvestasi yang tepat,kamu perlu tahu dulu tujuan seperti apa yang Kamu inginkan. Investasi apa yang Kamu inginkan? investasi jangka panjang atau jangka pendek? investasi untuk dana pensiun atau untuk dana darurat?

Jika sudah tau tujuannya, Kamu bisa memilih instrumen investasi mana yang tepat untuk Kamu. Misalnya,Kamu ingin investasi dengan jangka waktu yang panjang,Kamu bisa memilih investasi emas. Sementara, jika Kamu ingin investasi dengan jangka waktu yang pendek Kamu bisa memilih investasi deposito.

2. Berdasarkan Inflasi

Jika melidat dari sisi inflasi,investasi emas menjadi pilihan yang paling menguntungkan. Kenapa? karena inflasi adalah kenaikan harga secara menyeluruh yang dapat mengurangi nilai uang. Ini berarti bahwa jika Kamu memiliki uang tunai, nilainya akan kurang dari waktu kewaktu.

Sebaliknya, deposito merupakan jenis investasi yang sangat konservatif. Sebagian besar deposito tidak ada akan mengalami perubahan nilai sejalan dengan kenaikan inflasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kamu tidak akan mendapatkan keuntungan yang signifikan dari investasi ini.Jadi,jika Kamu ingin melindungi nilai investasi Kamu dari inflasi,investasi emas menjadi pilihan yang tepat untuk Kamu.Karena emas dapat menjadi aset yang stabil,aman, dan berguna untuk dimasa yang akan datang.

3. Imbal hasil

Sejauh ini, keuntungan yang didapatkan dari investasi emas cenderung meningkat dibandingkan dengan deposito.Hal ini dikarenakan,harga emas setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan. Jika mengalami penurunan pun biasanya tidak terlalu ekstrim.Imbal hasil deposito tidak setinggi dengan tren imbal hasil emas, tapi deposito dapat dikatakan investasi yang stabil dan aman.

Itu dia penjelasan mengeni investasi eman dan deposito, keduanya adalah investasi yang aman, menguntungkan dan memiliki tingkan resiko yang rendah.Jadi,lebih baik yang mana? investasi emas atau deposito? ini kembali lagi dengan tujuan awal Kamu. Jika kamu ingin investasi dalam jangka waktu yang panjang,Kamu bisa memilih investasi emas. Tapi, jika Kamu ingin investasi dalam jangka waktu 1-6 bulan deposito pilihannya.

https://depositobpr.id

https://www.galeri24.co.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image