Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UNISA Yogyakarta

10 Resolusi Tahun Baru Positif bagi Mahasiswa

How To | Wednesday, 27 Dec 2023, 13:09 WIB

Tahun baru 2024 akan segera tiba, dan tahun baru kerap dijadikan momentum dalam menyampaikan resolusi, termasuk oleh para mahasiswa yang tengah menimba ilmu dan mempunyai target di tahun 2024 yang ingin dicapai.

Berbagai macam resolusi ditargetkan demi mendapatkan perubahan positif dan peningkatan kualitas hidup meliputi aspek kesehatan, akademik, keterampilan pribadi, serta kontribusi terhadap masyarakat.

Berikut adalah 10 resolusi yang dapat membantu mahasiswa menghadapi tahun baru dengan sikap positif :

1. Manajemen Waktu yang Baik

 

  • Buat jadwal atau rencana harian/mingguan untuk tugas kuliah, belajar, dan waktu luang. Gunakan aplikasi atau planner untuk membantu mengatur waktu dengan lebih efektif.

2. Berhemat

 

  • Buat anggaran keuangan untuk mengelola uang kuliah dan kebutuhan sehari-hari. Prioritaskan kebutuhan penting dan hindari pengeluaran yang tidak perlu.

3. Keluar dari Zona Nyaman

 

  • Tetapkan tujuan untuk mencoba hal-hal baru yang dapat mengembangkan diri, seperti bergabung dengan komunitas baru, mengikuti seminar, atau belajar hal di luar kurikulum.

4. Melakukan Kegiatan Positif

 

  • Tetapkan waktu untuk melakukan kegiatan sukarela atau proyek yang membantu komunitas, baik di lingkungan kampus atau di sekitar tempat tinggal.

5. Makan Makanan Sehat

 

  • Buatlah rencana menu sehat dan teratur. Hindari makanan cepat saji dan lebih memilih makanan yang bergizi untuk menjaga energi dan kesehatan.

6. Olahraga

 

  • Tentukan rutinitas olahraga yang sesuai dengan jadwal harian. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan juga memperbaiki konsentrasi serta produktivitas.

7. Pola Tidur yang Baik

 

  • Tetapkan waktu tidur yang cukup dan teratur. Jaga pola tidur untuk memastikan tubuh dan pikiran Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam.

8. Evaluasi dan Penyesuaian

 

  • Lakukan evaluasi secara berkala terhadap resolusi yang telah ditetapkan. Sesuaikan jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki atau diubah.

9. Jaga Keseimbangan

 

  • Pastikan untuk menjaga keseimbangan antara kuliah, aktivitas ekstrakurikuler, dan waktu bersantai. Keseimbangan ini penting untuk menghindari kelelahan dan stres berlebihan.

10. Tetap Fleksibel

 

  • Terkadang, rencana tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Jadilah fleksibel dan bersikap realistis dalam menetapkan target, tetapi tetap berkomitmen untuk terus memperbaiki diri.

Semoga 10 resolusi tadi dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi tahun baru dengan semangat positif dan produktif!

Penulis : Adi Sasmito, S.I.Kom

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image