Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image musyafa ahmad

Sekretaris PAC HIMASAL Wanasari : Alumni Pesantren Perlu Menghidupkan Masjid dan Mushola

Agama | Thursday, 06 Jan 2022, 08:54 WIB

Sebagai alumni Pesantren punya amanat untuk mendakwahkan Islam di tengah tengah masyarakat. Gerakan dakwah Islam ahlusunah wal jamaah perlu diperkuat oleh para alumni Pesantren. Hal tersebut karena misi HIMASAL sama dengan NU menjaga, melestarikan dan mengembangkan ajaran Islam ala ahlusunah wal jamaah. Masyarakat sebenarnya sangat membutuhkan kehadiran kita untuk memberikan pencerahan dan pemahaman keagamaan. Pemahaman tentang aqidah, fiqih dan akhklak sangat dibutuhkan mereka sebagai bekal menjalani kehidupan.

Oleh karena itu gerakan dakwah dengan menghidupkan masjid dan musholla dilingkungan menjadi tugas para alumni. Pesan Dzuriyah Pondok Pesantren Lirboyo, " Ojo tinggal ngaji ".Karena itu melalui dakwah pengajian rutin di mushola atau masjid merupakan bagian melaksanakan amanat Dzuriyah Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo. Demikian disampaikan Akhmad Sururi, selaku Sekretaris PAC HIMASAL Kec Wanasari Kab Brebes saat memberikan sambutan pada kegiatan Rutin Rabu Wage di Mushola Babus Salam Siwungkuk.

Selanjutnya Akhmad Sururi mengajak kepada alumni untuk menjalin silaturahmi dengan wali santri. Mari kita tingkatkan silaturahmi dengan wali santri. Hari Ahad kemarin kita sudah dua kali silaturahmi secara seremonial dg wali santri wilayah Kec Wanasari. Kedepannya kita terus memupuk silaturahmi bersama dengan wali santri . Banyak manfaat yang bisa kita ambil dalam silaturahmi ini, diantaranya memberikan pemahaman tentang pendidikan pesantren untuk wali santri tidak pernah mondok. Sehingga mereka akan termotivasi agar putra putrinya mondok sampai tamat di Lirboyo. Menurut data sampai hari santri Lirboyo dari Brebes rata rata setiap tahun yang bisa tamat hanya 50 presen. Ini artinya kalau ilustrasi angka dalam satu angkatan pada tingkatan dasar sejumlah 100 santri tapi yang bisa selesai hanya 50 santri. Ada sekian faktor yang menjadikan mereka tidak sampai tamat. Oleh karena itu melalui silaturahmi dengan wali santri semoga akan bisa meningkatkan jumlah santri Brebes yang tamat di Pondok Pesantren Lirboyo. Pertemuan rutin alumni Lirboyo yang dilaksanakan pada hari Selasa malam Rabu, 4 Januari 2022, dihadiri oleh alumni se Kec Wanasari. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PAC HIMASAL Wanasari KH Makdori dan beberapa alumni sepuh. Kyai Solehudin mewakili tuan rumah alumni desa Siwungkuk mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh alumni. Semoga dengan pertemuan rutin ini akan meningkatkan ukhuwah antar alumni, kata Beliau.

Sebelum sambutan acara pertemuan tersebut dimulai dengan pembacaan Hirjuz Jauzan dan Tahlil serta doa bersama untuk Pendiri dan Dzuriyah Pondok Pesantren Lirboyo.

Sesi terakhir dalam pertemuan Rabu Wage tersebut Pembacaan Kitab Fathul Qorib sebagai bagian melestarikan tradisi Pesantren. Kyai Syafrudin sebagai Qori membacakan kitab Fathul Qorub bab Thaharoh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image